Tingkatkan Kapasitas UKM Dengan Capacity Building

SURABAYA(suarakawan.com) –  Carrefour Foundation, Carrefour Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Cipta serta beberapa universitas terkemuka di Indonesia menggelar program Capacity Building yang mulai digagas sejak Juni 2010.

Program ini disambut baik oleh pengiat Usaha Kecil Menengah (UKM) karena program ini memang bertujuan untuk memberikan pendampingan pengembangan UKM.

“Program ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas para pelaku UKM Indonesia,” kata Adji Srihandoyo, Corporate Affairs Director Carrefour Indonesia saat penandatangan kerjasama di Kampus B Unair, Kamis (23/02).

Program peningkatan kapasitas yang diberikan oleh Carrefour berupa penguatan skala usaha yang sudah berjalan, perluasan jaringan, kesempatan mendapatkan akses mikro kredit, serta dukungan usaha dengan menggunakan teknologi informasi (IT).

“Program ini juga merupakan bagian dari pembinaan dan semoga tidak hanya seremoni saja,” tambahnya.

Dalam penandatangan kerjasama ini dihadiri oleh 130 UMKM yang datanya diambil dari Dinas Koperasi selain itu beberapa diantaranya merupakan UKM Binaaan Bank Mandiri. UMKM yang akan mengikuti program Capacity Building ini terdiri dari mereka yang bergerak dibidang Boga dan Garmen.

Beberapa universitas yang tercatat menjalin kerjasama adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar, Palembang dan Yogyakarta. Penandatangan yang dilakukan hari ini di Surabaya merupakan salah satu pilot project di tahun 2012 yang dilakukan juga di Jakarta dan Bandung. Universitas Airlangga merupakan universitas yang digandeng dengan dukungan penuh dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

“Diharapkan dengan adanya program ini dapat memberikan manfaat bagi UKM itu sendiri pada khususnya serta perekonomian Indonesia,” harapnya. (din/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tingkatkan Kapasitas UKM Dengan Capacity Building"