Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Tinggalkan MU, Rooney Kembali ke Everton

10 Jul 2017 // 06:31 // HEADLINE, OLAHRAGA, SEPAK BOLA

rooney

MANCHESTER (suarakawan.com) -Pemain Manchester United sekaligus mantan kapten timnas Inggris Wayne Rooney pada Minggu bergabung kembali dengan klub masa kecilnya Everton dengan ikatan kontrak dua tahun, setelah 13 tahun bertabur trofi di Old Trafford.

Pemain 31 tahun itu, yang kepindahannya ke Goodison Park tidak menginformasikan besaran nilai transfernya, menyampaikan kegembirannya dapat kembali ke klub di mana ia memulai kariernya setelah melalui akademi pemain muda, lapor Reuters.

“(Memenangi trofi-trofi dengan Everton) akan menjadi puncak,” kata Rooney. “Saya benar-benar merasa bahwa kini klub bergerak ke arah yang tepat, memasukkan pemain-pemain berkaliber. Saya ingin menjadi bagian dari hal itu dan mudah-mudahan bagian dari tim Everton yang sukses.”

“Merupakan perasaan hebat untuk kembali ke sini. Saya sangat gembira, saya tidak sabar untuk bertemu para pemain, berada di lapangan latihan dan kemudian berada di lapangan untuk bermain. Saya senang luar biasa. Saya tidak sabar untuk kembali bermain.”

Nama Rooney meroket di panggung Liga Inggris ketika ia mencetak gol penentu kemenangan untuk Everton saat melawan Arsenal saat masih berusia 16 tahun, dan ia pindah ke United dua tahun kemudian untuk biaya transfer yang dilaporkan media Inggris sebesar 25 juta pound.

Mengukir trigol pada debutnya di United saat melawan Everton di Liga Champions, Rooney telah memainkan lebih dari 550 pertandingan untuk klub itu, mengoleksi 253 gol untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka, melampaui rekor pemain legendaris Bobby Charlton.

Debut untuk Inggris

Debut Rooney untuk Inggris terjadi saat timnas masih diarsiteki Sven-Goran Eriksson, saat ia masih berusia 17 tahun, dan ia menjadi pemain tersubur untuk negaranya dengan 54 gol dan pemain non-kiper dengan jumlah penampilan terbanyak yakni 119 pertandingan.

Di United ia telah memenangi Liga Champions, lima gelar Liga Inggris, dan Piala FA, serta menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris pada 2010.

Namun pada musim lalu ia tidak banyak mencatatkan penampilan ketika ia tidak lagi menjadi sosok yang otomatis masuk tim inti di bawah asuhan manajer Jose Mourinho, dan kehilangan posisinya di timnas Inggris.

“Bukan rahasia bahwa saya telah lama mengagumi Wayne,” kata Mourinho di situs resmi United (www.manutd.com). “Ia merupakan model profesional sepanjang waktunya di klub dan akan tetap berada di buku sejarah untuk tahun-tahun mendatang.”

“Tidak pernah mudah untuk melihat pemain-pemain hebat hanya sedikit bermain sepak bola dibanding ia semestinya, dan saya tidak dapat menghalanginya ketika ia meminta untuk kembali ke Everton.”

Kontribusi Nyata

Manajer Everton Ronald Koeman meyakini Rooney dapat memberikan kontribusi nyata kepada klub Merseyside itu musim depan.

“Ia mencintai Everton dan ia sangat ingin kembali,” kata pria asal Belanda itu. “Ia baru berusia 31 tahun dan saya tidak ragu mengenai kualitasnya. Merupakan hal fantastis ia ada di sini.”

Dengan biaya transfer yang telah disepakati antara Everton dan United untuk penyerang Belgia Romelu Lukaku untuk pindah ke arah sebaliknya, sudah terbuka jalan bagi Rooney untuk meninggalkan Old Trafford setelah 13 tahun.

Rooney mencatatkan 77 penampilan untuk Everton dan mencetak 17 gol antara 2002 sampai 2004, ketika ia pindah untuk bergabung dengan United.

Ketika sang penyerang terlihat di lapangan latihan Everton pada Sabtu untuk menjalani pemeriksaan medis, para penggemar “The Toffees” menyambut kembalinya sang pemain yang pertama kali bergabung dengan klub pada usia sembilan tahun.

Rooney dilaporkan mendapat pemotongan gaji yang besar untuk kembali ke Everton, yang telah melakukan banyak perekrutan di bawah asuhan Koeman dan dukungan keuangan Farhad Moshiri, pengusaha Britania-Iran, setelah finis di peringkat ketujuh di liga musim lalu.

Mereka telah membeli kiper muda Inggris Jordan Pickford dari Sunderland dan bek tengah Burnley Michael Keane, plus gelandang Belanda Davy Klaasen dari Ajax Amsterdam, serta total telah menghabiskan hampir 90 juta pound. (ant/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini