Tim HAKI Kemenhumkan Bongkar Distributor Dupa Palsu

Dirjen Pengaduan dan Penindakan HAKI Kemenkumham Salmu Pardede saat menunjukan barang bukti dupa ilegal

SURABAYA (suarakawan.com) – Puluhan kardus berisi dupa dari India yang tidak memiliki dokumen lengkap dan ilegal berhasil diamankan oleh Tim Haki Kemenkumham, Mabes Polri dan Polda Jatim di Jalan Slompretan.

“Kami melakukan penggrebekan gudang Dupa Ilegal ini karena ada laporan dari pihak asing yang melaporkan ke Haki bahwa ada barang dupa yang diduga tidak memiliki ijin, surat, serta memalsukan hak produk dupa tersebut,” ujar Dirjen Kasubdit Pengaduan penyidikan Haki Kemenkumham, Salmun Pardede, saat ditemui usai melakukan penggeledehan, Selasa (28/06).

Dijelaskan tersangka tersebut menjual dan memproduksi serta menggunakan merek palsu dari  India dengan merek Bharatan Darsan tanpa adanya ijin dari pihak pemilik merek tersebut.

“Pemilik ini memiliki tiga toko yang juga dilakukan penggerebekan bersama yaitu di Jawa yaitu di Jalan sambas dan slompretan, sedangkan kota lainnya yaitu di Bali,” ujarnya.

Ia menambahkan pihak pemilik toko tersebut ini telah mempunyai ijin dari Haki yaitu membuka usaha tekstil namun pemilik toko ini juga menjual dupa juga palsu.

“Tersangka ini sudah beroperasi kurang lebih 1 tahun, dan diduga kerugian mencapai 2 Milliar, dan tersangka bisa terkena UU 15 tentang pemalsuan merek dan penggelapan barang dupa dengan hukuman 4 – 5 tahun” tuturnya. (aca/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *