Tiga Koleksi Kebun Binatang Surabaya Hilang

Tidak ada komentar 11 views

SURABAYA – Tiga anak Komodo yang ada di Kebun Binatang Surabaya hilang. Hingga hari ini, belum diketahui keberadaraan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo tersebut.

“Saat ini masih ditangani Polrestabes Surabaya, sedang dilakukan penyelidikan,” kata Juru Bicara Kebun Binatang Surabaya, Agus Supangkat saat dihubungi suarakawan.com Rabu (23/3).

Menurut Agus, ada beberapa kemungkinan penyebab hilangnya tiga komodo itu. Antara lain komodo masih kecil, dimakan oleh sesamanya. Diketahui komodo adalah hewan karnivora yang punya kecenderungan kanibal. Atau komodo tersebut diambil orang

“Mungkin juga karena Komodo masih kecil, mereka punya kebiasaan merambat di pohon-pohon. Apalagi di kandang ada beberapa tanaman,” kata Agus.

Jika benar Komodo-komodo itu ke luar kandang, pihak pengelola memprediksi, mereka berada di antara pepohonan di kebun binatang. Karena itu, kata Agus, pihaknya tengah memotong ranting-ranting pohon di sangkar komodo.

Agus menjelaskan, kasus itu bermula saat Suradi seorang pawang sangkar komodo, melaporkan bahwa koleksi komodo di kebun binatang terus berkurang sejak  1 Maret hilang satu ekor dan 5 Maret 2011 lalu hilang dua ekor.  Sehingga total tinggal 53 ekor sejak dipindahkan ke sangkar baru 18 Desember 201o.

Agus menambahkan, 13 ekor komodo kini tengah dipasangi microchip sepanjang 3-4 mm dibawah jaringan kulit guna mengetahui keberadaan satwa langka tersebut. Selain itu, pihaknya meningkatkan keamanan dengan menerjunkan 2 regu keamanan, yang terdiri dari satuan keamanan kebun binatang dan polisi kehutanan. (ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tiga Koleksi Kebun Binatang Surabaya Hilang"