Tiga Hotel Ternama di China Gunakan Sikat WC untuk Bersihkan Gelas Tamu

BEIJING (suarakawan.com) – Tiga hotel terkenal di China kepergok melakukan aktivitas bersih-bersih yang menjijikkan. Aktivitas itu pun terpantau kamera. Tiga hotel itu pun dinyatakan gagal dalam pemeriksaan kebersihan dasar setelah video aktivitas petugas kebersihan tersebar memperlihatkan cara bersih-bersih yang menjijikkan. Dalam video tersebut terekam, si petugas membersihkan WC, wastafel bahkan peralatan masak bahkan gelas tamu dengan menggunakan sikat yang sama.

Dilansir laman nzherald, media setempat pun ramai memberitakan kabar ini. Pengawas kota untuk kebersihan, pariwisata, keamanan makanan dan obat-obatan di Harbin di provinsi Heilongjiang mengonfirmasi bahwa penyidik telah menyimpulkan cuplikan video yang dirilis oleh Pear Video pada Selasa lalu itu adalah asli dan tiga hotel tersebut telah diperingatkan untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi.

Beijing Youth Daily pun menulis, tiga hotel tersebut–Sheraton, Shangri-La dan Kempinski dinyatakan menyalahi prosedur kebersihan hotel yang tak sesuai standar untuk kamar tamu.

Aktivitas kebersihan di Hotel Shangri-La dan Kempinski pun dipantau oleh kamera video, dalam rekaman video tersebut terlihat petugas kebersihan membersihkan kamar dengan sikat WC. Mereka juga mencuci handuk di toilet sebelum menggunakannya untuk membersihkan lantai.

Sementara video pengintai di Hotel Sheraton merekam aktivitas petugas kebersihan menggunakan sikat yang sama untuk membersihkan baskom air dan toilet. Petugas kebersihan di ketiga hotel tersebut saat dikonfirmasi mengeluhkan beban kerja mereka yang berat.

Video itu diambil dengan kamera tersembunyi oleh reporter Pear Video yang sedang bekerja di hotel sebagai karyawan magang.

Seperti diketahui, untuk menginap di tiga hotel tersebut, tarifnya cukup mahal. Harga per malam sebuah kamar di tiga hotel berkisar antara 700 yuan sampai 2.700 yuan ($148 sampai $579) atau setara Rp2 juta-Rp7,8 juta.

Setelah melakukan inspeksi bersama, pihak berwenang telah mengonfirmasi keabsahan laporan tersebut, dan telah memberi tahu tiga hotel untuk mengatasi masalah tersebut.

Laporan tersebut mengatakan bahwa mereka juga telah didenda namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam pernyataan resminya, Harbin Kempinski pun mengungkapkan penyesalan atas insiden tersebut, dan mengatakan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar kesalahan tersebut tak terulang.

Harbin Shangri-La juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memulai penyelidikan internal.

“Jika yang ditunjukkan dalam video terbukti benar, ini akan menjadi pelanggaran serius terhadap standar kebersihan kami dan ini tidak akan dapat diterima,” katanya, menambahkan bahwa hotel tersebut juga akan meningkatkan pemantauan kerja dan pelatihan staf.

“Pada saat yang sama, kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menerapkan semua tindakan kebersihan dengan baik.” (viv/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *