Tergerus Facebook, Friendster Jajal Segmen Baru

1 komentar 45 views

Kehadiran facebook ternyata benar-benar membuat friendster tak berkutik. Perintis jejaring sosial itu kini sedang menyiapkan strategi baru supaya bisnisnya tetap eksis. Friendster tidak akan lagi fokus ke sisi social network, melainkan mengalihkan fokus ke ‘entertainment and fun’.

We are introducing a new and improved Friendster in the coming weeks that will be focused on entertainment and fun. There will be new features that will leverage on your online activities and will enable you to connect with friends or engage new friends with similar interests.” begitu keterangan dari friendster terkait rencana barunya.

Terkait dengan rencana tersebut, semua pengguna friendster diminta untuk mengambil profil, foto, blog dan segala hal. Pengguna friendster bisa memanfaatkan Friendster Exporter untuk mengambil semua dokumen tadi. Jika tidak diambil maka semua itu akan dihapus pada tanggal 31 Mei 2011 nanti. Setelah itu friendster akan muncul dengan wajah baru dan semua pengguna tetap bisa login dengan account lamanya tanpa harus mendaptar kembali.

Sebelum kehadiran facebook, friendster sempat menjadi situs jejaring sosial paling favorit di berbagai negara di dunia. Situs yang didirikan pada awal tahun 2001 itu sempat mengantongi modal mendekati 50 juta US$. Kemudian sebuah perusahaan berbasis di Malaysia, MOL Global, mengakuisisi friendster dengan nilai 40 juta US$.

Karena semakin terdesak oleh facebook, friendster memutuskan untuk tidak lagi bermain di social network. “Persaingan menjadi tidak relevan karena telah didominasi oleh facebook,” tutur Ganesh Kumar Bangah CEO friendster seperti dikutip ZDNet. “Kami tidak lagi fokus ke social network, melainkan social entertainment, pengguna akan bermain game dan mendengarkan musik.” pungkasnya. (buo)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Tergerus Facebook, Friendster Jajal Segmen Baru"