TEPCO Mulai Memindahkan Air ke Tangki

Pekerja TEPCO tengah membersihkan radiasi nuklir dari sisa-sisa ledakan PLTN Fukushima, Daiici

TOKYO – Pengelola PLTN Fukushima Daiichi yang bermasalah mulai memindahkan air berkadar radioaktif tinggi yang terkumpul di reaktor nomor 6 ke tangki penyimpanan sementara.

Pada hari Minggu (01/05) siang, Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo, TEPCO, mulai memindahkan air di dalam gedung turbin reaktor nomor 6 tersebut ke tangki penyimpanan sementara.

Pada reaktor nomor 2, TEPCO terus memompa keluar air berkadar radioaktif tinggi yang terkumpul di terowongan yang menghubungkan ke fasilitas pengolahan limbah di lokasi. TEPCO mengatakan sekitar 2.500 ton air telah dipindahkan ke fasilitas tersebut sejak upaya pemulihan dimulai pada tanggal 19 April lalu.

Sementara itu, pemerintah Jepang, belum lama ini, merilis video baru kondisi PLTN Fukushima Daiichi. Video itu menggambarkan tingkat kerusakan dan bagaimana pekerja berjuang membendung kebocoran reaktor nuklir.

Video itu diambil pada 22 April silam oleh Presiden Lembaga Independen Jepang dan anggota khusus Komisi Energi Atom Jepang, Shigeharu Aoyama yang memperoleh akses ke fasilitas inti dan zona evakuasi. Tampak, banyak pipa dan beberapa bangunan di PLTN Fukushima hancur.

Aoyama juga mengunjungi petugas yang melakukan operasi darurat di dalam bangunan PLTN. Pekerja itu  tidak menggunakan sarung tangan, masker dan pakaian pelindung pascaradiasi tingkat tinggi.

Para staf PLTN itu tampak santai. Namun, Kepala PLTN Fukushima Daiichi, Masao Yoshida, menyatakan reaktor nuklir kini telah stabil, meski masih berbahaya dan pekerjaan membendung radiasi terus berlanjut.(nhk-kyodonews-afp/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *