Teknologi Canggih di Balik Perhelatan Piala Dunia 2018

JAKARTA (suarakawan.com) – Sepak bola merupakan industri bernilai miliaran dolar AS di dunia. Maka tidak heran bila transformasi digital juga merambah olahraga sepak bola. Tidak terkecuali penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia yang memiliki dampak teknologi cukup besar terhadap penyiaran hingga penonton.

Dilansir melalui Forbes, apabila menoleh ke Piala Dunia terakhir di Brazil, para wasit sudah menggunakan Artificial Intelligence (AI) demi menunjang profesinya di lapangan. Tahun ini, teknologi kian berkembang di lapangan demi mendukung terselenggaranya kompetisi. Berikut lima teknologi mumpuni yang dipakai pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

1. Video Assisted Referees (VAR)

VAR merupakan sebuah perubahan baru bagi sepak bola. VAR menjadi video yang dianggap bisa ‘mengubah situasi pertandingan’. Cara kerja VAR cukup sederhana, yakni bisa memberikan informasi pada wasit dengan sistem radio berbasis serat.

Sebanyak 33 kamera umpan siaran dan dua kamera offside ditransmisikan secara langsung ke VOR menggunakan jaringan yang sama. Kemudian delapan dari total kamera umpan mampu memberikan gerakan super lambat dan empat gerakan ultra lambat. Ada pula dua kamera slow motion tambahan.

Intinya, VAR bisa memberitahu wasit apabila terdapat kesalahan atau insiden yang terlewatkan, bahkan memberikan bantuan.

2. 4K UHD Video & VR

Setiap penyelenggaraan Piala Dunia hampir selalu menyambut perkembangan teknologi Ultra High Definition (UHD) 4K. Sebelumnya teknologi 4K UHD sudah diuji coba di Brazil. Namun terdapat hambatan perangkat televisi yang kompatibel. Terkait penyiaran, chanel BBC sudah mengonfirmasi sudah melakukan persiapan.

Siaran 4K UHD akan tersedia melalui iPlayer BBC, dan tidak dapat disaksikan melalui televisi. Dengan demikian hanya akan ada puluhan ribu orang saja yang menyaksikan. BBC juga menyiapkan bersi Virtual Reality (VR) pada aplikasi BBC Sport VR. Penonton akan merasakan sensasi menyaksikan pertandingan seolah berada di dalam stadion.

3. 5G Di Rusia

Jaringan super cepat 5G disebut akan tersedia secara komersial pada 2019. Namun dua perusahaan telekomunikasi MTS dan Ericsson menyebutkan, Piala Dunia akan menjadi tuan rumah bagi penyebaran terbesar Massive MIMO (teknologi seluler tercanggih) saat ini. Piala Dunia juga akan dipasang peralatan radio berkemampuan 5G untuk lebih dari 40 titik dari 11 kota tuan rumah.(rol/rur)