Tekan Laka, DPRD Akan Bentuk Raperda Keselamatan Pengguna Jalan

SURABAYA (suarakawan.com) – Guna menekan korban Kecelakaan di jalan Raya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jatim akan membentuk dan  menggagas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Keselamatan Pengguna Jalan.

“Nantinya, inti dari Raperda Keselamatan Pengguna Jalan ini masyarakat berhak menggugat dan mendapatkan ganti rugi dari pemerintah provinsi apabila terjadi kecelakaan yang disebabkan karena jalan rusak. Tapi siapa yang berhak memberikan santunan ini akan dibahas dalam Raperda ini, entah dari PU Bina Marga ataupun dari Dishub,” ujar Anggota Komisi D DPRD Prov Jatim Malik Effendi SH, di Surabaya, Sabtu (18/02).

Dikatakannya, saat ini Raperda ini masih dalam proses pembuatan naskah akademisi dan sudah masuk dalam jadwal pembahasan Badan Legislasi Daerah (Balegda). “Kita ingin melindungi pengguna jalan. Dengan adanya Raperda ini pembenahan infrastruktur juga akan terpacu,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, apabila Raperda ini segera disahkan maka Jatim akan menjadi provinsi yang pertama di Indonesia yang akan menjalankan Raperda ini. “Jatim akan menjadi pioner. Info dari Dishub dan PU Bina Marga, provinsi lainnya telah menolak Raperda ini. Dikarenakan, infrastrukturnya belum siap,” terangnya.

Terkait mekanisme pembayaran yang harus dilakukan Pemprov Jatim terhadap pengguna jalan yang akan menjadi korban buruknya infrastruktur jalan, kata Malik, dalam hal ini masih sedang dalam pembahasan, termasuk apakah nantinya pemprov akan membayarnya dengan menunjuk SKPD terkait atau dimasukan dalam asuransi. “Saya inginnya mekanisme lebih sederhana dari Jamsostek, tidak berbelit, nanti hal itu akan diatur dalam Perda,” pungkasnya. (aca/jto)

keterangan Foto : Malik Effendi di DPRD Jatim.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tekan Laka, DPRD Akan Bentuk Raperda Keselamatan Pengguna Jalan"