Target Pajak Turun, DPRD Kota Surabaya Minta Pemkot Segera Evaluasi Pajak

M Machmud (Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya)

SURABAYA (suarakawan.com) – Guna memenuhi kekurangan pajak yang kurang pada semester 1 tahun 2011 dikota Surabaya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya meminta kepada Pemkot untuk segera mengevaluasi semua pajak.

” Harus ada evaluasi menyeluruh kenapa target pajak tidak tercapai, namun apabila Pemkot punya inisiatif seperti memanfaatkan potensi pendapatan yang ada itu baru bagus untuk mengurangi target pajak yang gagal tahun ini.,” ujar Ketua Komisi B, Mochammad Machmud saat ditemui di DPRD Surabaya, Jumat (08/07).

Dalam APBD Kota Surabaya tahun ini berkekuatan Rp 5,195 triliun. Dari jumlah tersebut telah ditetapkan target pendapatan sebesar Rp 3,971 triliun, sementara sisanya yang Rp 1,223 triliun dana dari pusat.

Menurutnya di dalam pajak daerah ada kategori yaitu meliputi pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir, air tanah dan sarang burung walet. Mengingat tingginya target tersebut Pemkot mesti harus bekerja lebih keras demi memenuhi target pendapatan itu.

“Target pendapatan tahun 2010 lalu, baik dari pajak daerah dan lainnya pemkot boleh dibilang gagal total. Sebab tidak satupun pajak daerah yang pendapatannya mencapai target,”tuturnya.

Dari target pendapatan sebesar Rp 3,971 triliun itu, pendapatan dari pajak daerah tahun ini diharpakan Rp 1,691 triliun, sedangkan sisanya yang Rp 2,280 triliun dari sektor lain. (aca/nas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *