Taman Safari Prigen Akan Kawinkan Sapi Bali Dengan Banteng Jawa

Michael Sumampau-GM TSI 2 Prigen

PASURUAN (suarakawan) – Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan, melakukan uji coba program perbaikan genetika pada Sapi jenis Sapi Bali di Jawa Timur, melalui perkawinan silang dengan Banteng Jawa.

General Manager Taman Safari Indonesia II Prigen, Michael Sumampau mengatakan, uji coba ini dilakukan sebagai upaya memaksimalkan potensi Sapi Bali. “Sapi Bali memiliki keunggulan daging yang bagus, agar semakin unggul maka dikawinkan dengan Banteng Jawa,” kata Michael Sumampau kepada suarakawan.com, Kamis (30/06).

Selama ini Sapi Bali dikenal memiliki daging yang bagus, namun karena ukurannya yang terlalu kecil maka produksi dagingnya kurang. Kawin silang ini dilakukan sebagai upaya mendapatkan jenis Sapi Bali yang lebih besar dengan mengembalikan ke genetik asalnya yang dari Banteng.

Michael Sumampau menegaskan, upaya mengawinkan Sapi Bali dengan Banteng Jawa tidak akan mengganggu dari sisi konservasi, karena Banteng secara genetik sama dengan Sapi Bali. “Kita merasa, karena Banteng itu kan secara genetik sama dengan Sapi Bali. Jadi kita melihat ini tidak akan mengganggu dari sisi konservasi, tetapi ini sangat bagus untuk masyarakat Jawa Timur, dan lebih besarnya untuk Indonesia,” imbuhnya.

Selama 2 bulan ini telah ada seekor Sapi Bali yang bunting, dari 5 ekor Sapi Bali yang ditempatkan dalam satu kandang bersama Banteng Jawa. “Selanjutnya perkawinan silang juga akan diuji cobakan, melalui Inseminasi Buatan atau Kawin Suntik,” lanjut Michael Sumampau yang menjelaskan bahwa upaya ini telah disetujui oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang bertujuan memajukan peternakan yang ada di Jawa Timur.

Meski belum mengetahui hasilnya, karena uji coba legal ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan mungkin di dunia, Taman Safari Indonesia II merasa dapat memberikan sesuatu untuk perkembangan peternakan di Jawa Timur, karena sebelumnya Taman Safari Indonesia II telah berhasil mengembangbiakkan banyak Banteng.(PetrusR/nas)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Taman Safari Prigen Akan Kawinkan Sapi Bali Dengan Banteng Jawa"