Taliban Balas Dendam Atas Tewasnya Osama

Salah satu korban luka (AP foto)

HABQADAR, Pakistan-Ancaman akan adanya serangan balasan atas tewasnya pemimpin Osama bin Laden oleh tentara Amerika Serikat benar-benar terjadi.

Jumat (13/05) sepasang pembom bunuh diri Taliban menyerang polisi paramiliter yang tengah pulang setelah berlatih. Serangan ini menewaskan 80 orang Jumat dalam tindakan pertama.

“Setidaknya 80 orang tewas, termasuk 66 orang yang direkrut, dan sekitar 120 orang terluka,” kata polisi Liaqat Ali Khan.

Kelompok Militan yang terkait dengan Al-Qaida mengeluarkan klaim bahwa serangan itu bentuk kemarahan karena Militer Pakistan gagal menghentikan serangan Amerika di tanah mereka.

Ketegangan  juga telah meningkat antara AS dan Islamabad atas tuduhan bahwa  beberapa petinggi pasukan keamanan Pakistan telah menyembunyikan bin Laden, yang meninggal dalam serangan 2 Mei di Abbottabad, sebuah kota garnisun  sekitar tiga jam perjalanan dari lokasi bom bunuh diri.

“Kami  telah melakukan ini untuk membalas insiden Abbottabad,” kata Ahsanullah  Ahsan, juru bicara Taliban Pakistan, saat dihubungi Associated Press melalui telepon. Dia memperingatkan bahwa kelompok itu juga merencanakan serangan  terhadap Amerika yang tinggal di dalam Pakistan.(ap/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *