Tak Hanya Gandrung Banyuwangi

Tidak ada komentar 3 views

Barong jegreng, salah satu budaya Banyuwangi

SURABAYA (suarakawan.com) – Apa yang terlintas dalam pikiran anda saat menyebut tentang kebudayaan Banyuwangi ? Apakah hanya tarian Gandrung Banyuwangi atau tentang budaya mistis yang masih kental meyelimuti wilayah paling timur di Pulau Jawa ini ?

“Memang selama ini masyarakat hanya tahu soal tari Gandrung Banyuwangi yang sudah mendunia itu atau masalah mistis seperti pelet yang masih kuat dipelihara di sana. Padahal Banyuwangi memiliki banyak kekayaan budaya,” papar Sukatno, Kepala UPTD Taman Budaya Jatim, Jumat (24/06).

Untuk lebih mengenalkan kebudayaan Banyuwangi pada masyarakat Surabaya dan Jatim pada umumnya, maka Taman Budaya menggelar seni budaya daerah yang bertajuk Semarak Bumi Blambangan, Jumat (24/06) – Minggu (26/06).

Beragam kebudayaan ditampilkan mulai dari tari Gandrung Banyuwangi, Tari Jaran Goyang Jolo Sutro yang bernuansa mistis hingga berbagai pameran hasil kerajinan tangan khas Banyuwangi turut dipamerkan.

“Harapannya gelar seni budaya ini bisa meningkatkan kunjungan para wisatawan baik dari Surabaya ataupun Jatim dan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi,” pungkas Sukatno. (nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tak Hanya Gandrung Banyuwangi"