Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Tahun Ini Kemenag Buka SMS Gate Layanan Haji

30 Apr 2015 // 22:00 // HAJI, KERAGAMAN

haji1

SURABAYA (suarakawan.com) – Untuk meningkatkan layanan kepada jamaah haji, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) membuka Short Message Service (SMS) gate layanan jamaah haji. Sebelum berangkat menuju Arab Saudi, petugas haji akan menginformasikan nomor tersebut pada jamaah haji.

Dirjen PHU Abdul Djamil, mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah nomor di Jeddah yang dapat dihubungi melalui SMS oleh para jamaah yang akan menginformasikan kondisi darurat pada proses penyelenggaraan ibadah haji.

?Tahun ini ada hal baru. Kita adakan SMS Gate. Kita menyebarkan nomor yang bisa dijadikan sebagai alat untuk mengkomunikasikan kondisi darurat,? katanya, Kamis (30/4).

Ia menjelaskan tugas pokok Kemenag dalam penyelenggraan haji ada tiga, diantaranya pelayanan, pembinaan, dan perlindungan. Terkait pelayanan, dirinya mengingatkan calon petugas haji untuk agar tidak tebang pilih dalam menjalankan tugasnya.

?Jamaah butuh pelayanan, bimbingan, dan perlindungan kita. Petugas adalah pribadi yang harus bisa ngemong jamaah kita,? tegasnya.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi jamaah haji khusus untuk tahap III sudah memasuki hari ketiga. Sampai dengan penutupan hari Rabu (29/4) Siskohat mencatat sebanyak 158 jamaah sudah melakukan pelunasan.

Seperti diketahui, pelunasan BPIH Khusus tahap 2 sebetulnya ditutup pada Jumat (17/4) lalu namun menyisakan 255 jamaah haji khusus yang belum melakukan pelunasan. Untuk itu, Ditjen PHU membuka pelunasan tahap 3 sejak Senin (27/4) lalu.

Dari sisa kuota sebanyak 255 atau 62 persen sudah melakukan pelunasan. Masih menyisakan sebanyak 97 kuota atau 38 persen, proses pelunasan tahap 3 akan terus dibuka sampai dengan Senin (4/5) yang akan datang di Bank Penerima Setoran Haji. (aca1/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini