Susno Duadji Divonis 3,5 Tahun Penjara

Tidak ada komentar 10 views

JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menjatuhkan hukuman 3 tahun enam bulan penjara kepada mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji. Susno Duadji terbukti bersalah dalam kasus pemotongan dana pilkada Jawa Barat 2008 dan menerima suap PT Salmah Arowana Lestari (PT SAL).

”Terdakwa secara sah dan menyakinkan melakukan tindak korupsi bersama-sama sesuai dakwaan kedua, kedua, dan dakwaan pertama alternatif kelima,” kata ketua majelis hakim Charis Mardiyanto dalam vonisnya, di PN Jaksel, Kamis (22/3).
Selain penjara, Susno juga dikenai hukuman denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan, termasuk membayar uang pengganti sebesar Rp4 miliar dalam jangka waktu 1 bulan. Putusan ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut Susno  7 tahun penjara.

Majelis memperhatikan hal yang meringankan, bahwa Susno telah membongkar kasus korupsi dan dilindungi oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) sehingga mendapat keringanan hukuman, dan terdakwa sudah 34 tahun mengabdi sebagai anggota Polri.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai Susno terbukti melakukan dua perkara korupsi, yakni terkait kasus PT SAL dan pemotongan dana pengamanan pilkada Jawa Barat 2008. (po/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Susno Duadji Divonis 3,5 Tahun Penjara"