Survei Poltracking Indonesia: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti

SURABAYA (suarakawan.com) – Poltracking Indonesia menggelar survei pada dua pasangan calon Gubernur Jawa Timur 2018. Hasilnya, elektabilitas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak mengungguli pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Suara pasangan Khofifah-Emil mencapai 42,6 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti hanya 35,8 persen. Sementara itu, 21,8 persen pemilih belum bisa memutuskan satu dari dua pasangan tersebut.

“Survei ini menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Khofifah-Emil unggul dari pasangan Gus Ipul-Puti,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam diskusi bertajuk “Peta Elektoral Kandidat Cagub-Cawagub Pilkada Jawa Timur 2018” di Jakarta, Minggu, 18 Maret 2018.

Tak hanya itu, hasil survei memperlihatkan popularitas Khofifah lebih tinggi daripada Gus Ipul. Pemilih Khofifah mencapai 42,6 persen, sedangkan Gus Ipul memperoleh 39,6 persen.

“Tren elektabilitas kandidat dalam dua periode terakhir survei menunjukkan Khofifah naik 5,5 poin Gus Ipul 3,7 poin,” ujar dia.

Menurut Hanta, tujuan survei untuk mengukur popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas dari kedua calon tersebut. Jajak pendapat juga untuk membaca peta persebaran suara berdasarkan demografi dan preferensi politik atau kultural pemilih.

“Termasuk menguji karakter personal kandidat dan analisis,” ujar dia.

Survei ini digelar pada 6 sampai 11 Maret 2018, dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini sebanyak 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei menjangkau 29 kabupaten dan 9 kota di seluruh Provinsi Jawa Timur secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

Stratifikasi survei adalah jenis kelamin pemilih. Pengumpulan data dilakukan melalui tatap mula dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak.(mtv/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Survei Poltracking Indonesia: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti"