Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Survei: 87 Persen Mahasiswa Indonesia Salah Jurusan

23 Aug 2017 // 07:21 // HEADLINE, PENDIDIKAN

buku kuliah

JAKARTA (suarakawan.com) – Kuliah di jurusan A, tetapi bekerja di bidang B. Hal ini banyak dialami masyarakat Indonesia. Penelitian yang dilakukan Indonesia Career Center Network (ICCN) mengungkapkan hal itu.

“Sebanyak 87% mahasiswa Indonesia salah mengambil jurusan,” ungkap Endro Prasetyo Aji, direktur Talents Mapping dalam konferensi pers Indonesia Resources Forum (HRF) 2017 di Jakarta, Selasa (22/8).

Tak jauh-jauh, Endro menyontohkan dirinya sendiri. “Saya kuliah di jurusan teknik, lalu bekerja di perusahaan gas. Selama satu tahun bekerja, saya merasakan ini bukan passion saya. Ternyata passion saya adalah psikologi dan mengajar,” tutur Endro.

Kuliah di jurusan yang tidak sesuai passion, lalu bekerja di bidang yang juga tidak sesuai passion, tentu akan berpengaruh pada kinerja. “Akan berpengaruh, kinerja bisa tidak optimal karena bidang pekerjaan yang dimasuki tidak sesuai dengan minat sebenarnya,” tegas Endro.

Sebaiknya, saran Endro, sebelum memutuskan memilih jurusan, seseorang harus mengenali minat dan potensi dirinya lebih dulu. Lantas, bagaimana bila sudah terlanjur memasuki jurusan dan pekerjaan yang tidak sesuai? “Sebaiknya tinggalkan, beralih ke jurusan atau pekerjaan yang sesuai passion. Memang tidak semua orang berani melakukannya, kemungkinan hanya 5-10% yang berani jump ke pekerjaan yang sesuai passion,” ujar dia.

Sementara itu, HRF 2017 akan digelar pada 6-7 September 2017 mendatang di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Acara human resources bertema “The Rising Era of Asian Leaders: Making of Local Talents into Global Leaders itu diselenggarakan oleh Sky Connection bekerja sama dengan Oudpro dan ICCN.

Acara ini juga diramaikan oleh Run and Recruit 2017. Akan digelar lari sejauh 7 km dan bursa karir dengan 30 stan yang diikuti oleh berbagai perusahaan. (bs/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini