Stok Komponen Otomotif Cukup Sampai Mei 2011

Tidak ada komentar 10 views

JAKARTA – Dampak gempa dan tsunami di Jepang beberapa waktu lalu, tidak hanya mengganggu pasokan komponen mobil merek Jepang yang ada di Indonesia saja, namun motor Jepang yang beredar di Indonesia juga mengalami nasib serupa.

Meski sebagian besar komponen di buat di Indonesia maupun Thailand, tapi menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, tetap saja ada beberapa bagian yang diimpor langsung dari Jepang.

“Jadi begini, memang sudah ada pabrik motor di Indonesia ataupun Thailand. Tapi ada komponen yang tetap dibuat Jepang meski kecil sekali persentasenya. Tapi kan tetap saja, walau cuma 1 persen kalau komponen itu tidak ada tidak akan jadi sebuah motor kan,” papar Gunadi.

Gunadi menambahkan stok komponen untuk segmen roda dua masih cukup sampai bulan Mei, sama seperti mobil. Tapi dampak bencana ini ke industri motor tidak sebesar mobil.

Sementara itu, pemerintah tengah menimbang-nimbang apakah perlu mencari produsen komponen otomotif selain Jepang. (bisnisInd./ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Stok Komponen Otomotif Cukup Sampai Mei 2011"