Standard Chartered Luncurkan Microfinance Tools

Tidak ada komentar 14 views

JAKARTA-Sebagai bentuk keperdulian terhadap usaha mikro, Standard Chartered melucurkan Perangkat Bantu Manajemen Resiko dan Pelatihan selama tiga hari yang diperuntukkan bagi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia.

Dalam melaksanakan program ini, Standard Chartered telah menunjuk MicroSave sebagai mitra. MicroSave adalah sebuah lembaga konsultasi premium dibidang pelatihan bisnis dan keuangan khusus untuk usaha mikro dan memiliki pengalaman luas dalam memberikan pelatihan dan peluncuran perangkat bantu manajemen resiko secara global.

Pelatihan bagi Lembaga Keuangan Mikro  oleh Standard Chartered  ini sendiri digelar selama 3 hari sejak Selasa kemarin hingga Kamis besok. Targetnya adalah LKM yang baru saja berdiri.

“Makin meningkatnya integrasi sektor keuangan mikro dengan sektor keuangan finansial, pengembangan produk, diversifikasi wilayah-wilayah baru, tidak hanya menambah kompleksitas resiko kredit dan operasional tetapi juga membawa resiko-resiko baru seperti tingkat suku bunga, nilai tukar dan likuiditas kolektif yang kesemuanya bermuara dalam Resiko Keuangan (Financial Risk). Hal-hal inilah yang mendorong Standard Chartered untuk mengembangkan dan meluncurkan Perangkat Bantu (toolkit) Manajemen Resiko tersebut,” papar CEO Standard Chartered Bank Indonesia, Tom Aaker, Rabu (04/05).

Selain dengan memberikan pelatihan, Standard Chartered juga telah memberikan pinjaman usaha mikro sebanyak dua kali di tahun 2010, yang pertama kepada Mitra Bisnis Keluarga Ventura (MBK), senilai Rp 15 milyar (atau sekitar USD1.6 juta), sebuah lembaga microfinance (MFI) terkemuka di Indonesia dan Rp 50 milyar kepada Bank Sahabat.(nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Standard Chartered Luncurkan Microfinance Tools"