Spesialis Rampok Rumah Ditembak Resmob Polda

SURABAYA (suarakawan.com) – Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim pimpinan AKBP Heru Purnomo, berhasil mengamankan seorang pelaku Curas (pencurian dengan kekerasan) yang biasa beroperasi di beberapa kota Jatim, seperti Gresik, Tulungagung dan beberapa kota lainnya yang masih dalam penyelidikan.

Menurut Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Agus K Sutisna pelaku yang diamankan adalah Hartono (35) warga Sumber Suko, Probolinggo.

“Pelaku terpaksa kita tembak kaki kanannya karena berusaha kabur saat hendak ditangkap oleh anggota. Sekarang masih kita dalami untuk pengembangan kasus ini,” ujar Kombes Pol Agus K Sutisna, Senin (13/02).

Alumni Akpol’87 ini menambahkan, pelaku ditangkap dikawasan Jl.Wonokromo depan Kebun Binatang Surabaya pada Selasa 7 Febuari 2012 sekitar pukul 16.00 WIB.

“Modus dari pelaku dengan kelompoknya, memasuki rumah yang menjadi sasaran,kemudian melumpuhkan penghuni rumah dengan mengancam mengunakan sentaja tajam lalu mengikatnya, kemudian menguras harta korban,” tambahnya.

Agus menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku cenderung berganti-ganti kelompok saat beraksi,saat beraksi di Gresik dengan kelompok Tosan, Jumari, Eka dan Ciput. Sedangkan saat berkasi di Tulungagung bersama kelompok Edi, Eko, Murkam, Endin, Kucing Hasis,dan Rudi yang semuanya telah ditetapkan sebagai DPO.

Sementara itu menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Hilman Thayib mengatakan dari pelaku berhasil diamankan barang bukti seperangkat perhiasan berupa kalung dan cincin,senjata tajam jenis celurit,HP,tali rafia.

“Kita himbau agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan,khususnya ketika kan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong,” pungkas mantan Kapoltabes Banjarmasin ini.(Wis/jto)

Keterangan Foto: AKBP Heru Purnomo Menunjukkan Barang Bukti Dan Tersangka.(wis)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Spesialis Rampok Rumah Ditembak Resmob Polda"