Sindikat Pengedar Uang Palsu Digulung Polrestabes Surabaya

Para Tersangka Pengedar Uang Palsu

SURABAYA (suarakawan.com) – Unit Pidana Ekonomi Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap kasus pembuatan dan peredaran uang palsu di Lumajang Jawa Timur.

Menurut kasat reskrim Polrestabes Surabaya,  AKBP Indarto, dari pengakuan pelaku, bahwa pelaku belum pernah mengedarkan uang palsu yang dibuatnya. “Itu ngakunya. tapi kita akan menyelediki lebih lanjut lagi. Yang jelas pelaku sudah melakukan pembuatan 3 kali sejak bulan Januari lalu.” terang AKBP Indarto.
Dari penangkapan pelaku, polisi menyita barang bukti lembaran lembaran uang palsu yang siap dipotong serta lembarang uang palsu yang siap edar sebanyak 100 juta rupiah pecahan 50 ribu dan 10 ribu rupiah.
Selain barang bukti uang palsu, polisi juga menyita peralatan untuk membuat uang palsu, diantaranya kertas sablon, pewarna dan scaner dan lain lainnya.
Diketahui 4 sindikat pelaku peredaran dan pembuatan uang palsu ini asal Jombang, Lumajang dan Tuban. Tempat produksi dilakukan di rumah AU warga Lumajang.
Sementara para pelaku juga ditangkap tidak bersamaan. Berawal dari polisi yang berpura pura sebagai pembeli upal dan melakukan di oso wilangun surabaya. “Dari transaksi inilah kemudian kita kembangkan dan menangkap 4 pelaku di tempat yang berbeda-beda.(bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sindikat Pengedar Uang Palsu Digulung Polrestabes Surabaya"