Sidang Pembacaan Vonis Gayus Tambunan Molor

Tidak ada komentar 4 views

JAKARTA (suarakawan.com) – Terdakwa Gayus Halomoan Partahanan Tambunan hari ini akan ditentukan nasibnya. Majelis hakim Pengadilan Tipikor akan menjatuhkan vonisnya kepada mantan pegawai pajak tersebut. Berdasarkan jadwal yang diterima seharusnya sidang dimulai pukul 10.00 WIB namun hingga pukul 10.30 WIB sidang belum juga mulai.

“Jadwalnya jam 10 untuk pembacaan vonis,” kata petugas Pengadilan Tipikor, Amin saat dikonfirmasi beberapa saat lalu, Kamis(01/03).

Pembacaan amar Putusan terhadap Gayus semestinya dibacakan dalam sidang pekan lalu. Namun karena Ketua Majelis Hakim Suhartoyo sedang sakit maka sidang ditunda menjadi hari ini. Amin juga menginformasikan bahwa Hakim Suhartoyo sudah sembuh dari sakitnya.

Sebelumnya, Gayus Tambunan dituntut 8 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Jakarta Pusat. Gayus menurut JPU dianggap terbukti bersalah melanggar empat dakwaan sekaligus yaitu, dakwaan kesatu primer pasal 12 huruf b ayat 1 dan 2 UU Pemberantasan Korupsi nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001. Dakwaan kedua primer, pasal 12 huruf b ayat 1 dan 2. Dakwaan ketiga yaitu pasal 3 ayat 1 (a) tentang UU Tindak Pidana Pencucian Uang dan dakwaan ke-empat primer yaitu pasal 5 ayat 1 UU Pemberantasan Korupsi.

Dion Pongkor, salah satu kuasa hukum Gayus, beberapa waktu lalu mengharapkan majelis hakim membebaskan kliennya dari seluruh tuntutan jaksa. Menurut Dion, fakta persidangan tidak dapat membuktikan bahwa Gayus menerima dana dari para perusahaan terkait pengurusan pajak. “Jaksa penuntut umum tidak bisa buktikan aliran dana di rekening Gayus adalah hasil korupsi,” terang Dian.(mad/jto)

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sidang Pembacaan Vonis Gayus Tambunan Molor"