SGG Kembangkan Sayap Dibidang Batubara

Tidak ada komentar 4 views

GRESIK (suarakawan.com) – Setelah sekian lama menjadi perusahaan semen terkemuka, PT. Semen Gresik Tbk melalui Semen Gresik Group (SMGR) mengembangkan sayap bisnisnya ke pengolahan batubara, hal tersebut bisa dilihat dari pembuatan anak perusahaan barunya yaitu PT. SGG Energi Prima yang bergerak khusus di bidang pengolahan batubara. Seperti diketahui, dalam upaya peningkatan produksi, PT. Semen Gresik menggunakan batubara sebagai salah satu sumber bahan bakar. seperti dikatakan Direktur Pengembangan Usaha Strategis Bisnis PT. Semen Gresik Tbk, Erizal Bakar kepada wartawan Jum’at (17/02).

Erizal mengatakan, tiap tahun total kebutuhan batubara untuk bahan bakar di semen gresik group mencapai angka 4,2 juta ton dan seiring dengan penambahan kapasitas produksi diperkirakan kebutuhan batubara akan terus meningkat. untuk itu,Erizal menambahkan, Semen Gresik Group berupaya untuk melakukan pengelolaan dan pengolahan batu bara dengan mendirikan PT.SGG Energi Prima agar sustainabilitasnya (kelangsungan) terjaga dan terukur.

“Untuk tahap percobaan, perusahaan baru tersebut akan beroperasi 6 bulan kedepan sambil melakukan survey ke lokasi penghasil batu bara khususnya di kalimantan timur dan kalimantan selatan,” jelas Erizal.

Karena bisnis pengolahan batu bara bagi Semen Gresik Group merupakan hal baru, maka selain tengah mempersiapkan izin eksplorasi rencananya PT.SGG EP juga akan menggandeng perusahaan batubara yang sudah mapan.

Saat ditanya soal eksistensi penyuplai batu bara yang selama ini memasok kebutuhan Semen Gresik, Erizal menjelaskan, pihaknya akan terus memakai jasa suplier yang sudah ada dengan asumsi peningkatan kebutuhan batubara sebagai bahan bakar berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas produksi.

“Artinya kita tidak mungkin melepas supplier yang ada karena kebutuhan batu bara dipastikan mengalami peningkatan,” katanya.

Dengan nilai investasi mencapai 500 miliar rupiah, dengan komposisi saham 97 persen milik PT. Semen Gresik Tbk. dan 3 persen milik KWSG, PT. SGG Energi Prima menjadi anak perusahaan SGG termuda dari total 9 anak perusahaan yang ada. (ika/jto)

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SGG Kembangkan Sayap Dibidang Batubara"