Sentimen Pasar Positif Respon Bantuan Jerman ke Yunani

bursa efek indonesia

JAKARTA (suarakawan.com) – IHSG pada perdagangan hari ini berpotensi menguat didorong penguatan bursa global. Bursa global menguat menyusul Jerman yang akan memberikan bantuan untuk mengatasi krisis utang Yunani.

Sementara itu, Indeks bursa Wall Street ditutup mix. Sentimen positif datang dari Jerman yang diperkirakan akan memberikan bantuan kepada Yunani untuk mengatasi krisis utang. Langkah Jerman tersebut dianggap penting sebab krisis utang tersebut dikhawatirkan akan mengakibatkan krisis keuangan lainnya seperti pelemahan Euro yang akan mengakibatkan bank atau negara yang memegang obligasi Yunani akan menderita kerugian.

Saham yang melemah antara lain Research In Motion Ltd turun 21% setelah perusahaan memberikan perkiraan pelemahan kinerja kuartal II tahun ini. Perkiraan pelemahaan ini akibat persaingan di industri ponsel dengan Apple, iPhone dan ponsel Android.

Saham-saham yang masuk dalam kategori top gainer seperti: Kraft Food Inc (KFT) +1,4%, AT&T Inc (T) +1,1% dan Microsoft Corp (MSFT) +1,1%. Pada Jumat (17/6) Indeks Dow Jones +0,36% ke level 12.004, Indeks S&P 500 +0,30% ke level 1.271 danĀ  Nasdaq -0,28% ke level 2.616.

Bursa Jepang menguat pagi hari ini. Penguatan didorong rencana Jerman yang akan memberikan bantuan untuk mengatasi krisis utang Yunani. Hal ini memberikan sentimen positif bagi investor global.

Indeks Nikkei menguat 0,53% dan berada pada posisi 9401,40 poin. Indeks Topix menguat sebesar 0,62% di posisi 810,37 poin.

Saham-saham yang menguat : Obayashi Corp menguat 1,19% pada 340 yen dan Kajima Corp menguat 0,9% pada 224 yen.(ift/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *