Sembuh, 64 PMKS Dipulangkan

Tidak ada komentar 9 views

pemulangan PMKS ke daerah asal

SURABAYA (suarakawan.com) – Para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Setelah ditampung dan mendapat pelatihan khusus dari Liponsos keputih, sebanyak 64 PMKS dipulangkan kedaerah asalnya.

Kepala Dinas Sosial Surabaya Eko Hariyanto, saat ditemui usai acara pelepasan di Liponsos Surabaya, Kamis (28/07) mengatakan PMKS itu sudah beberapa minggu menghuni Liponsos.

Mereka diberi latihan keterampilan sampai mahir sehingga saat dipulangkan ke daerah asalnya, mereka telah memiliki keterampilan yang mumpuni. Harapannya, PKMS itu bisa menjalankan usaha barunya di daerah asalnya dan tak ada lagi niat untuk kembali ke Surabaya sebagai PMKS.

Menurut data liponsos keputih ada, empat orang lansia yang termasuk dipulangkan, langsung disalurkan ke Panti Lansia di Jember. Sementara sisanya, 60 orang dipulangkan ke 24 kabupaten/kota di Jatim. Seperti di Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Mojokerto, Jombang, Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Bojonegoro, Lamongan, Tuban, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Blitar, Lumajang, Magetan, Probolinggo, Gresik, Ngawi, Pacitan dan Jember.

“PMKS ini yang dipulangkan ini terdiri dari terdiri dari gelandangan dan pengemis (Gepeng, red), anak jalanan, Lansia terlantar dan eks psikotik (mengalami gangguan jiwa namun sudah disembuhkan, red). Mereka sudah layak kembali ke masyarakat,” terangnya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sembuh, 64 PMKS Dipulangkan"