Sekolah Digandeng untuk Tangani Perubahan Iklim

JAKARTA – British Council Indonesia (BCI) yang merupakan lembaga nirlaba dari Inggris kembali menunjukkan komitmennya dalam memitigasi climate change. Bertempat di Ballroom Hotel Atlet Century Jakarta, Senin (21/3), BCI meluncurkan program Climate for Classroom (C4C) yang merupakan bagian dari program Climate Generation.

Selain dihadiri oleh Direktur British Council Indonesia Mr.Keith Davies, acara ini juga dihadiri para guru, perwakilan LSM-LSM lingkungan, para fasilitator C4C, alumni PMLCC training 2010, dan sekitar 200 orang yang lain.

“British Council telah berada di Indonesia sejak 60 tahun lalu, melakukan berbagai kampanye tentang seni, budaya dan bahasa. Kini BCI konsen mengkampanyekan isu perubahan iklim karena ini menjadi isu dunia. BCI hari ini melaunching 2 website yang berisi materi perubahan iklim yang bisa didownload para guru sebagai bahan ajar di kelas. BCI telah mentraining guru2 dari seluruh Indonesia untuk menggunakan website tersebut dalam program bernama Climate for Classroom (C4C)”, ujar Mr.Keith Davies dalam sambutannya.

Salah satu website yang diluncurkan website resmi C4C Indonesia yang beralamat di id.climate4classrooms.org. Melalui website tersebut para guru bisa mengunduh materi ajar tentang climate change.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dalam sambutan yang dibacakan oleh Ibu Liana Bratasida menekankan pentingnya pemahaman yang benar tentang climate change. “Isu perubahan iklim saat ini sudah mulai dikenal luas. Hanya pemahamannya perlu dibetulkan. Jangan sampai ada kejadian apapun dikaitkan dengan perubahan iklim,” tekan Menteri LH.

“Dengan adanya program C4C yang difasilitasi BCI ini diharapkan perubahan iklim dapat disosialisasikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia supaya semua memiliki pemahaman yang benar. Presiden SBY pada pertemuan G20 menekankan komitmen Indonesia untuk menanggulangi perubahan iklim. Langkah Presiden SBY ini kemudian menjadi contoh bagi negara-negara berkembang lainnya,” lanjutnya.

Program C4C ini bukan program lingkungan pertama bagi BCI. Tahun lalu BCI sudah mengadakan pelatihan bagi generasi muda yang peduli dengan isu climate change. Waktu itu, 20 pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia diundang untuk mengikuti Project Management and Leadership for Climate Change (PMLCC). (buo/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sekolah Digandeng untuk Tangani Perubahan Iklim"