Sekjen PBB Peringati Krisis Nuklir Chernobyl

Tidak ada komentar 6 views

CHERNOBLY, UKRANIA – Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon berkunjung ke pembangkit listrik tenaga nuklir Chernoby. Kunjungan Ban itu merupakan bagian dari perjalanannya ke Eropa Timur.  Fokus utama perjalanan ini adalah masalah keamanan nuklir Chernobyl.

Kepada televisi setempat, Ban memperingatkan bahwa dampak krisis nuklir di PLTN Fukushima, Daiici, akan berakibat pada krisis nuklir hebat yang pernah terjadi pada tanggal 26 April 1986 lalu.
“Kita telah melihat di Jepang dampak bencana alam khususnya di daerah rawan dengan kegiatan seismik,” kata sekretaris jenderal PBB.

Ban juga memperingatkan bahwa dampak perubahan iklim kemungkinan besar juga akan terjadi melebihi krisis nuklir PLTN Fukushima.

“Perubahan iklim dengan cuaca semakin parah disertai jumlah paparan energi nuklir dikhawatirkan akan terjadi kerentanan pada kehidupan manusia dalam dekade mendatang.”

Ban Ki-moon mengatakan ia terkesan oleh pekerjaan konstruksi PLTN Chernobyl dengan membangun tempat penampungan baru untuk reaktor yang rusak.

“Ini adalah proyek yang sangat mengesankan, kreatif dan ambisius untukmelindungi reaktor rusak dalam 100 tahun mendatang.” tambah Ban. (AFP/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sekjen PBB Peringati Krisis Nuklir Chernobyl"