Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Sebut Nama Gus Ipul, Samsudi Dapat Sekarung Bawang Putih

19 May 2017 // 19:53 // DAERAH, HEADLINE, PERISTIWA

20170519_101807

SURABAYA (suarakawan.com) – Ada pemandangan menarik di acara dialog Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan warga di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), Jumat (19/5). Ditengah dialog yang berlangsung gayeng, Amran tiba-tiba melontarkan pertanyaan ringan kepada ratusan warga yang ingin membeli bawang putih murah,

Amran menanyakan apakah ada yang mengenal nama Wakil Gubernur Jatim. Jika ada yang tahu namanya, Amran menjanjikan akan memberikan satu sak bawang putih. ”Siapa wakil gubernur Jawa Timur, yang bisa jawab dapat hadiah bawang sekarung,” tanya Arman dihadapan warga.

Setelah pertanyaan itu dilontarkan tiga kali, baru ada warga yang mengangkat tangan. “Gus Ipul,” kata Samsudi. Tak lama kemudian, satu karung berisi 20 Kg bawang putih diberikan langsung oleh Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf yang mendampingi menteri Arman.

”Wah gara-gara Gus Ipul, saya dapat bawang gratis,” ucap Samsudi. Warga Jalan Kencanasari Surabaya itu terlihat sumringah sambil membopong karung bawang putih. “Wah dibagi pak. Saya juga mau,” timpang ibu-ibu yang lain.

Gus Ipul yang duduk bersebelahan dengan Amran tertawa lebar. “Wah pak Amran bisa saja. Pak Amran ini sahabat saya,” tuturnya sebelum menyerahkan karung bawang putih kepada Samsudi.

Amran datang ke PIOS untuk menghadiri operasi pasar bawang putih yang digelar Kementerian pertanian bersama kementerian perdagangan dan Bulog. Sebanyak enam kontainer bawang putih didatangkan dan digelar di dalam PIOS untuk operasi pasar kali ini.

Ada tiga jenis bawang yang kali ini dijual yakni bawang putih dari Cina dijual Rp 23 ribu per kilogram atau Rp 460 ribu per sak. Kemudian bawang putih dari India jenis super dijual Rp 15 ribu per kilogram atau Rp 300 ribu per sak dan dari India kualitas biasa dijual Rp 10 ribu per kilometer dan Rp200 ribu per sak.

Samsudi berharap agar pemerintah juga menjual bahan pokok lainnya saat operasi pasar. Pasalnya, selama ini harga kebutuhan pokok melonjak menjelang puasa ramadhan.”Kalau bisa produk lainnya juga dijual jangan hanya bawang. Minyak goring, daging dan gula juga mahal,” katanya.

Di depan warga, Arman berjanji pemerintah akan terus menggelar operasi pasar untuk menjaga agar harga bahan pokok tetap stabil. Operasi bawang putih dilakukan untuk menurunkan harga bawang putih yang pada pekan lalu masih mencapai Rp 50 ribu per kilogramnya.

Dari catatan Amran, jika dua hari lalu bawang putih masih di kisaran Rp 50 ribu perkilogramnya. Hari ini di pasaran sudah turun menjadi Rp 23 ribu per kilogramnya. ”Setelah para penimbunnya ditindak harga bawang bisa turun dari Rp 50 menjadi Rp 25 ribu dan Rp 23 ribu,” tandasnya. (Bng/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda






  • Terkini