Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

SEA Games 2017 Berakhir, Indonesia Gagal Penuhi Target 55 Medali Emas

31 Aug 2017 // 12:01 // ALL SPORTS, HEADLINE, OLAHRAGA

medali

KUALA LUMPUR (suarakawan.com) – SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia akhirnya ditutup pada Rabu (30/8) malam. Acara penutupan pertandingan olahraga negara-negara Asia Tenggara (SEA Games) ke-29 ini digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Indonesia sendiri meraih hasil yang tak memuaskan di SEA Games kali ini. Tim Merah-Putih gagal memenuhi target yang dicanangkan untuk ajang multievent dua tahunan ini.

Dari 55 medali emas yang ditargetkan, wakil Indonesia yang bertarung di Malaysia hanya mampu membawa pulang 38 medali emas. Akibatnya, Indonesia hanya mampu bertengger di urutan kelima dalam daftar pengumpulan medali.

Total medali yang diraih Indonesia adalah 191 terdiri dari 38 medali emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Hasil ini lebih buruk yang dicapai di SEA Games 2015 lalu. Dalam ajang yang dilaksanakan di Singapura itu, Indonesia meraih 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

Tuan rumah Malaysia menjadi juara umum dalam SEA Games 2017 ini. Mereka berhasil mengumpulkan 145 emas, 92 perak, dan 86 perunggu. Thailand bertengger di posisi kedua dengan 72 emas, 86 perak, dan 88 perunggu.

Di posisi ketiga ada Vietnam dengan perolehan 58 emas, 50 perak, dan 60 perunggu. Singapura juga berada di atas Indonesia dengan 57 emas, 58 perak, dan 73 perunggu.

Penutupan yang dimulai pukul 20.30 waktu setempat diawali parade drumband dan defile oleh Angkatan Tentara Malaysia yang dimeriahkan oleh maskot SEA Games, rimau.

Tiga orang pembawa acara mengajak penonton menyanyikan lagu-lagu populer Malaysia secara bersama-sama di antaranya Sahabat untuk Selamanya yang menjadi soundtrack serial kartun Malaysia Upin dan Ipin serta Gemilang.

Sebuah videotron yang dipasang di stadion kemudian menampilkan proses pembangunan sejumlah venue seperti Stadion Bukit Jalil, Aquatic, Axiata, dan sejumlah tempat pertandingan lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan parade atlet Malaysia yang menjadi umum SEA Games disusul parade atlet dari 10 negara peserta lainnya menuju tempat duduk masing-masing.

Setelah itu dilanjutkan parade ratusan sukarelawan SEA Games yang membentuk formasi WAU dan parade budaya dari sejumlah negara bagian di Malaysia.

Dilanjutkan sambutan Presiden Federasi SEA Games, Tengku Tan Sri Imran Tengku Jaafar dan penyerahan piala kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia, Khairy Jamaluddin selaku penyelenggara SEA Games 2017.

Kemudian Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, resmi menyampaikan penutupan resmi SEA Games tepat pukul 22.15 waktu setempat.

Setelah itu dilanjutkan displai sejumlah pertandingan yang telah berlangsung melalui videotron.

Dilanjutkan dengan penurunan bendera Federasi SEA Games untuk dibawa ke podium berdampingan didampingi bendera 11 negara peserta.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bendera Filipina dan menyanyikan lagu kebangsaan Filipina yang akan menjadi tuan rumah SEA Games ke-30.

Perolehan Medali SEA Games 2017

Negara Emas Perak Perunggu Total
Malaysia 145 92 86
Thailand 72 86 88
Vietnam 58 50 60
Singapura 57 58 73
Indonesia 38 63 90
Filipina 24 33 64
Myanmar 7 10 20
Kamboja 3 2 12
Laos 2 3 21
Brunei 0 5 9
Timor Leste 0 0 3

(bs/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini