Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

SBY Minta Pemerintah Waspadai 3 Isu Internasional

16 Jun 2017 // 22:39 // HEADLINE, POLITIK & PEMERINTAHAN

IMG-20170617-WA0000

SURABAYA (suarakawan.com) – Presiden ke 6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan 3 isu internasional yang perlu diwaspadai Indonesia dalam pertemuan dan buka bersama para ulama se Jawa Timur (Jatim) di Hotel Shangri-la, Surabaya, Jumat (16/6) malam.

Tiga isu internasional yang perlu diwaspadai, pertama ketidak-akuran Qatar dengan negara-negara teluk, seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain. Kedua, maraknya aksi terorisme di negara-negara Eropa.

Isu ketiga, yaitu Islamophobia yang mulai mewabah di dunia. “Ketiga isu internasional inilah yang patut kita waspadai,” tegasnya.

Dijelaskan, konflik Qatar dengan negara-negara Teluk, dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh negara-negara barat seperti Amerika Serikat (AS), untuk melemahkan negara-negara Islam, maupun ada kepentingan tertentu. Apalagi konflik itu terjadi setelah ada persetujuan Qatar membeli jet tempur F-15 dari AS seharga Rp12 miliar dolar Amerika.

Di sisi lain, negara-negara Teluk semakin menyolidkan barisan untuk memutuskan hubungan dengan Qatar. Jika tidak dilerai sejak dini, dikhawatirkan terjadi perang. “Mungkin bagi negara barta tidak akan prihatin. Tapi bagi masyarakat dan peradaban Islam, tentu ini memprihatinkan,” ujarnya.

Isu kedua, menurutnya, maraknya aksi terorisme di negara-negara barat seperti, Prancis, Inggris, Belgia dan Turki, akan menimbulkan gelombang kebencian yang juga menjadi isu ketiga yakni, Islamophobia.

“Perasaan benci, tidak suka dan takut kepada semua yang berbau Islam. Islamophobia ini kian mewabah seiring dengan maraknya aksi terorisme yang mengatasnamakan Islam di Eropa,” katanya.

SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini berharap, tiga isu internasional itu menjadi perhatian kita bersama.

“Insyaallah kita bisa memberikan kontribusi pada dunia, untuk mencarikan solusinya. Indonesia bisa menjadi contoh, bagaimana Islam nusantara menjadi rahmatan lil alamin. Kita harus menetralisir islamophobia dengan cara yang baik,” tuturnya.

SBY mengajak semua pemuka agama Islam di seluruh Indonesia bersuara melalui media apapun, untuk membantah berita bahwa Islam identik dengan teroris, yang diangkat oleh media-media di dunia. “Mari kita gelorakan Islam sesungguhnya dengan cara-cara santun dan islami,” harapnya. (aca/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda






  • Terkini