SBY: Gerakan Radikal di Indonesia Mungkin Meningkat

1 komentar 4 views

WASHINGTON – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui bahwa radikalisasi Islam boleh jadi meningkat di Indonesia. Akan tetapi katanya ia tidak kuatir hal itu akan menjadi tak terkendali.

Berbicara dalam acara The Charlie Rose Show di televisi Amerika, Presiden Yudhoyono mengatakan, negara Indonesia modern membuktikan bahwa Islam cocok dengan demokrasi.

Katanya, anggota kelompok-kelompok radikal di Indonesia jumlahnya tidak banyak.

“Saya bisa melihat ke tingkat tertentu ada eskalasi radikalisme di banyaknegara. Mungkin kita bisa lihat juga hal semacam itu yang terjadi di Indonesia,” kata Presiden SBY dalam wawancaranya yang disiarkan Senin (24/4)malam.

Menurut Presiden, mereka bisa dikontrol dengan memberdayakan para pemuka agama, dan dengan memastikan lewat pendidikan dan cara lain bahwa kekuatan moderat masih berlaku.

“Kami benar-benar melakukan kampanye anti-terorisme sangat serius di Indonesia, dengan segala cara.” katanya.

Untuk diketahui, masa transisi Indonesia menuju demokrasi telah mendapat pujian luas di seluruh dunia, namun kelompok-kelompok hak asasi mengatakan bahwa kekerasan terhadap minoritas telah meningkat selama masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(afp/iza)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "SBY: Gerakan Radikal di Indonesia Mungkin Meningkat"