SBY Gagal Damaikan Kamboja-Thailand

Tidak ada komentar 9 views

SBY dan PM Kamboja Hun Sen

JAKARTA-Upaya para pemimpin Asean untuk   menyelesaikan konflik perbatasan antara Thailand dan Kamboja dalam agenda pertemuan puncak tahunan di Indonesia, gagal terwujud.

Para  pemimpin ASEAN mengatakan sengketa mengancam kesatuan regional dan  membayangi pesan strategis kelompok 10-bangsa integrasi ekonomi, namun demikian, mereka tidak dapat menghasilkan kompromi dari negara tetangga yang tengah bermusuhan itu.

Pernyataan akhir para pemimpin hanya mengatakan  bahwa sengketa “harus  diselesaikan secara damai dalam semangat solidaritas ASEAN”.

Presiden  Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menjadi tuan rumah pertemuan  terjadwal dengan para pemimpin Thailand dan Kamboja pada hari Minggu  pagi. Namun  pertemuan tersebut  gagal mencapai terobosan dalam negosiasi.

Perdana  Menteri Kamboja Hun Sen mengakui setelah pertemuan yang seharusnya fokus pada rencana jangka  panjang untuk menciptakan sebuah komunitas ekonomi harmonis pada tahun  2015.

“Semua orang tahu bahwa masalah  perbatasan Thailand-Kamboja telah merusak suasana dan juga menciptakan  tantangan bagi ASEAN,” katanya kepada wartawan.

Delapan  belas orang telah tewas dan sekitar  85.000 warga menjadi pengungsi sepanjang konflik yang terjadi di perbatasan antara Thailand dan Kamboja.(afp/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SBY Gagal Damaikan Kamboja-Thailand"