SBDK Akan Diterapkan

Tidak ada komentar 12 views

M Ishak

SURABAYA (suarakawan.com) – Transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang akan diterapkan pada 43 bank beraset di atas Rp 10 triliun, mulai menuai dampak signifikan yakni pada penurunan suku bunga rata-rata kredit.

Menurut, M Ishak, Pemimpin Cabang Bank Indonesia Cabang Surabaya, publikasi SBDK menunjukkan beberapa bank menaikkan suku bunga dasar kredit pada Mei 2011. setelah diterapkannya transparansi SBDK (prime lending rate) sejak 31 Maret lalu, penurunan bunga kredit terjadi sebesar 4-5 basis poin.

“Penurunan terbesar terjadi pada suku bunga kredit modal kerja serta kredit konsumsi,” ujarnya, Senin (06/06).

Hal ini, lanjutnya,  sejalan dengan perkiraan bank sentral bahwa penurunan bunga kredit akan terlihat dalam tempo tiga bulan-enam bulan setelah kewajiban pengumuman SBDK.

“Penurunan bunga kredit sudah ada meskipun belum sebesar yang kami harapkan. Kita tunggu saja hasilnya dalam beberapa bulan ke depan,” tambahnya.

Bank Indonesia mengharapkan keterbukaan SBDK berdampak pada persaingan yang lebih ketat yang mendorong efisiensi lebih besar di industri perbankan.

Ishak menambahkan,  jika bank lebih efisien, suku bunga kredit juga akan turun. Efisiensi yang paling mungkin dilakukan adalah efisiensi biaya overhead yang merupakan biaya operasional perbankan.(Jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SBDK Akan Diterapkan"