Satu Orang Tewas, Demo Tolak PLTN di India

Tidak ada komentar 13 views

MUMBAI – Satu orang tewas dalam bentrokan antara polisi dan warga di India barat setelah aksi demo menentang pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, PLTN di kawasan Jaitapur, negara bagian Maharashtra.

Polisi menyatakan mereka terpaksa menembaki para pendemo karena warga menyerang kantor polisi yang dekat dengan lokasi pembangunan PLTN. Demikian kata Pejabat Polisi Maharashtra, Inspektur Jenderal Polisi Gulabrao.

Madhukar Gaikwad, seorang pejabat kepolisian dari distrik Ratnagiri mengatakan sekitar 700 hingga 800 nelayan dan warga setempat memenuhi sebuah kantor polisi setempat di desa Nate dan mulai melakukan perusakan.

“Mereka membakar sebuah ruangan, menghancurkan komputer dan televisi serta sebuah mobil polisi ikut dibakar. Kami mencoba membubarkan mereka dengan menggunakan gas air mata dan tongkat pemukul. Kami menggunakan peluru plastik juga, tetapi warga justru semakin beringas. Sampai akhirnya kami menggunakan peluru tajam dan mengakibatkan satu orang luka-luka dan tewas dalam perjalanan ke rumah sakit,” katanya.

50 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka termasuk diantaranya adalah petugas kepolisian.

Aksi warga ini dipicu oleh rencana pembangunan PLTN dengan biaya sebesar US$10 miliar yang direncanakan mulai dibangun tahun ini dan akan menjadi PLTN terbesar di dunia.

Pembangunan pembangkit nuklir ini mendapat tentangan dari warga setempat karena dianggap akan mengganggu kegiatan mereka sehari-hari.

PLTN dengan kekuatan 9.900 megawatt itu akan memiliki fasilitas enam reaktor, yang dibangun atas bantuan dari perusahaan energi asal Prancis Areva.

Ahli lingkungan juga menolak rencana pembangunan PLTN, karena dikhawatirkan akan menghancurkan alam Jaitapur.

Selama ini Jaitapur dikenal sebagai daerah yang paling banyak memiliki keragaman hewan dan tumbuhan di India.

Desember silam, majalah India, Outlook memberitakan pembangunan PLTN ini dengan judul ”Pemerkosaan surga”.

Sementara sejumlah pihak lainnya merasa khawatir karena PLTN itu akan dibangun di daerah rawan gempa. (bbc-afp/bbc)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Satu Orang Tewas, Demo Tolak PLTN di India"