Sate Klopo Ondomohen Sediakan Ambulance Gratis

Tidak ada komentar 66 views

Ondomohen adalah nama sebuah jalan pada jaman Belanda yang ada di dekat Balai Kota Surabaya. Kini Ondomohen berganti nama menjadi Jalan Walikota Mustajab. Namun demikian orang masih lebih suka menyebutnya Ondomohen karena terkesan lebih unik dan praktis.

Pada siang hari Ondomohen sangat sejuk, tidak panas seperti Surabaya pada umumnya.  Ini karena masih banyak pepohonan besar di kanan kiri jalan selebar 8 meter tersebut.

Nah, di Ondomohen ada kuliner khas Surabaya yang sudah sangat terkenal di seluruh Nusantara. Namanya Sate Klopo. Ini adalah sajian sate daging sapi yang dibaluri dengan parutan kelapa kemudian dipanggang seperti sate pada umumnya.

Bumbu sate klopo tidak jauh beda dengan sate yang lain, terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dicampur dengan rempah-rempah. Dalam penyajiannya, bumbu dimasukkan dulu ke dalam piring kemudian ditumpangi dengan sepuluh tusuk sate klopo. Tidak lupa, beberapa iris bawang merah dan cabai rebus ditaburkan di atas sate itu.

Anda bisa memilih sate klopo full daging, campur lemak atau campur sumsum. Sate full daging dihargai 19 ribu per porsi. Sedangkan sate campur lemak 2 ribu lebih murah dan sate campur sumsum seribu lebih mahal. Anda bisa memilih, mau menyantap sate klopo tersebut bersama nasi, lontong atau sate saja.

Bicara sate klopo tidak bisa lepas dari peran Asih Soedarmi (54) yang telah berjualan sate klopo di Ondomohen sejak 23 tahun yang lalu. Kini warung sate miliknya tidak pernah sepi pembeli sejak pagi hingga malam hari. Ketika memasuki warung Bu Asih Anda akan melihat berbagai kliping liputan dari berbagai media massa dan beberapa penghargaan yang telah diterima Bu Asih.

Penghargaan terbaru yang diterima Bu Asih adalah Kirana Award dari Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Nina Soekarwo. Penghargaan tersebut diterima Bu Asih atas ketekunannya berjualan sate klopo yang telah mengharumkan nama Surabaya dalam jagad kuliner nusantara.
Salah satu pengunjung warung Bu Asih yang ditemui suarakawan.com belum lama ini mengaku dirinya sering menjadikan Sate Klopo Bu Asih sebagai jujugan wisata kuliner ketika ada kawan dari luar kota. “Rasanya sangat lezat dan unik, Mas, tiap ada teman dari luar kota selalu saya ajak ke sini dan mereka mengaku sangat suka,” ungkap Gandhi.

Selain itu Bu Asih juga menyediakan ambulance gratis untuk warga kurang mampu. Keberadaan ambulance gratis tersebut rupanya sudah banyak dimanfaatkan masyarakat. “Banyak Mas yang pake ambulan sini, setiap hari pasti ada. Kalo mampu ya kasih ganti bensin, kalo gak mampu ya gratis,” terang salah satu pelayan ketika menjawab pertanyaan suarakawan.com (buo)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sate Klopo Ondomohen Sediakan Ambulance Gratis"