“Sahabat Suriah” Sepakat Berikan Sanksi Suriah

TUNIS (suarakawan.com) – Lebih dari 60 negara telah sepakat untuk memperketat sanksi ekonomi terhadap pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad guna menghentikan tindak kekerasan terhadap warga sipil. Mereka juga mendesak Assad agar menerima bantuan kemanusiaan.

Kelompok negara “Sahabat Suriah” bertemu di ibu kota Tunis, Tunisia hari Jumat. Mereka termasuk negara-negara anggota Liga Arab, Amerika Serikat, negara-negara Eropa, dan Jepang.

Seperti disadur NHK, kelompok tersebut sepakat untuk meningkatkan larangan perjalanan internasional dan pembekuan aset bagi para anggota senior pemerintahan Assad. Mereka juga memutuskan untuk mendesak pemerintahan Assad tersebut agar segera mengakhiri tindak kekerasan serta mengizinkan pengiriman pangan dan obat-obatan.

Akan tetapi kelompok tersebut tidak sepakat mengenai rencana pembentukan koridor kemanusiaan terlindung untuk mengirimkan bantuan dan mengevakuasi warga.

Setelah pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Tunisia Rafik Abdessalem mengatakan kepada wartawan bahwa kelompok tersebut mengharapkan sebuah resolusi perdamaian tanpa penggunaan kekerasan.

Ia menambahkan kelompok “Sahabat Suriah” akan mengakui Dewan Nasional Suriah sebagai perwakilan resmi Suriah pada pertemuan berikutnya di Turki bulan depan. Dewan tersebut memayungi kelompok-kelompok oposisi.(NHK/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "“Sahabat Suriah” Sepakat Berikan Sanksi Suriah"