Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Riyadh Ancam Pecat Pengurus dan Wasit yang Terlibat Pengaturan Skore

30 Apr 2017 // 16:25 // ALL SPORTS, HEADLINE, OLAHRAGA

20170430_143712-1

SURABAYA (suarakawan.com) – Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim, Ahmad Riyadh mengancam akan memecat pengurus dan wasit yang terbukti terlibat pengaturan skore dalam pertandingan.

Tindakan tegas itu dilakukan sebagai bagian dari upaya memberantas pengaturan skore dan memperbaiki kualitas kompetisi Liga 3 dan turnamen lainnya, seperti Piala Suratin yang digelar Asprov PSSI Jatim.

“Yang pertama kali saya pecat pengurus, baru kemudian wasitnya,” tegas Riyadh didampingi anggota Exco bidang perwasitan Asprov PSSI Jatim, Cholid Abubakar kepada wartawan usai menutup acara Refreshing Refree dan Match Commisioner Asprov PSSI Jatim di Gedung KONI Jatim, Minggu (30/4).

Pihaknya sudah mengingatkan kepada seluruh wasit dan pengawas pertandingan (PP) yang mengikuti kegiatan penyegaran wasit dan PP, agar jangan sampai terpengaruh dengan keinginan pengurus saat memimpin pertandingan. Pimpin pertandingan dengan baik, jujur dan fair play.

Dengan dipimpin wasit yang adil, maka pertandingan akan berjalan lancar sehingga akan tercipta kompetisi yang bermutu dan berkualitas. “Jadi, jangan main-main. Akan saya pecat kalau sampai terlibat pengaturan skore,” tandasnya.

Sebaliknya, Asprov PSSI Jatim akan memberikan reward atau penghargaan kepada wasit yang bagus dalam memimpin pertandingan. Penghargaan berupa kesempatan untuk bisa memimpin pertandingan yang lebih banyak.

Selain itu, akan diorbitkan ke jenjang lebih tinggi yakni menjadi wasit C1. “Pasti kita berikan reward dan wasit yang punya kemampuan akan disupport pendanaan dan diberi kesempatan untuk mendapatkan sertifikat wasit C1,” tuturnya.

Riyadh menilai antusiasme wasit C2 untuk mengikuti kegiatan penyegaran ini luar biasa. Ini dibuktikan dengan wasit C2 yang hadir sebanyak 148 wasit C2. Sedangkan PP nya sebanyak 76 PP orang.

Dari 148 wasit itu, yang mengikuti fitnesh tes 121 wasit dan 89 wasit dinyatakan lolos sehingga mendapatkan sertifikat wasit C2. Yang lolos, berhak memimpin pertandingan kompetisi liga 3 dan piala Suratin.

“Untuk wasit, materinya fitnes tes dan peraturan baru yang diberikan oleh FIFA. Ada peratuan baru yang harus dimengerti wasit kita, seperti bola yang ditendang kena asisten wasit tidak dianggap keluar,” tambah Cholid. (Bng/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini