RISMA : Optimalkan Kinerja LKMK

Tidak ada komentar 6 views

SURABAYA(suarakawan.com) – Sampai saat ini di Kota Surabaya telah terbentuk 160 Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK) yang tersebar di seluruh Kelurahan. Jumlah tersebut menjadikan LKMK mempunyai nilai strategis dalam hal peran tugas dan fungsinya dalam pembangunan di tingkat Kelurahan Kota Surabaya. Namun sayang, hingga saat ini masih banyak pengurus LKMK yang kurang optimal dalam kerjanya.

“Selama ini mungkin ada ketidakpercayaan terhadap LKMK, saya hanya ingin meluruskan saja bahwa sesuai dengan Undang Undang mereka punya peran,” kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini ditemui saat Rapat Program Kerja dan Sosialisasi Program Kegiatan LKMK Kota Surabaya di Bappeko Surabaya, Selasa (28/02).

Kurang optimalnya kinerja LKMK disebabkan juga adanya kesenjangan kinerja antara Pemerintah Kelurahan, Kecamatan dan Kota yang akhirnya menjadi kendala terutama dalam hal sosialisasi dan informasi program pembangunan. Oleh karena itu pada tanggal 20 November 2011 telah dibentuk Forum Silaturahmi dan Komunikasi (Forsikom) LKMK Kota Surabaya. Pembentukan Forsikom ini diharapkan dapat menjadi mengakomodir permasalahan di tingkat Kelurahan dengan baik.

“Jika kedepan LKMK bisa lebih dekat dengan masyarakat dan dipercaya maka akan lebih mudah, sementara ini usulan fisik saja padahal yang sulit adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” tambah Risma.

Menurut Risma kedepan fungsi LKMK juga bisa mengembangkan sumber Daya Manusia sebagai prioritas. Pengembangan SDM sudah tidak bisa ditunda lagi karena sudah tidak ada lagi border. “Saya sudah baca jurnal bagaimana kebutuhan Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan dunia, oleh karena itu pengembangan dan akses jadi salah satu yang bisa dibuka,” tutup Risma. (din/jto)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "RISMA : Optimalkan Kinerja LKMK"