Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Riset: Serial Turki Paling Digemari di Indonesia

31 Oct 2015 // 11:55 // BROADCAST, GAYA HIDUP, HEADLINE

elif

JAKARTA (suarakawan.com) – AC Nielsen, sebuah lembaga riset pertelevisian membeberkan bahwa program televisi serial masih mendapatkan respons masyarakat terbanyak. Riset tersebut dilakukan pada 11 kota di Indonesia.

Sejak Januari hingga September 2015 terlihat bahwa program serial masih mendominasi dibandingkan dengan genre program lain. program serial mendapatkan rata-rata 1,7 poin rating.

Selanjutnya program acara spesial menyusul di posisi kedua dengan meraih rata-rata 1,2 poin, ketiga ada program film dan program anak-anak meraih 1,1 poin, selanjutnya program hiburan mencapai 1,0 poin.

Genre program lainnya seperti informasi, berita, agama, dan olahraga rata-rata mendapat poin di bawah satu.

Serial Turki semakin menyemarakkan persaingan program serial di Indonesia. Sejak Januari hingga September program sinetron lokal paling banyak ditayangkan dengan 212 judul, tetapi rata-rata penonton di 11 kota di Indonesia menghabiskan waktu 31 menit hanya untuk menonton serial drama Turki.

Sementara waktu rata-rata untuk menonton serial India adalah 21 menit dan waktu menonton serial lokal hanya 18 menit.

Mochammad Ardiansyah, Direktur dari Nielsen Television Audience (TAM) mengatakan bahwa serial lokal menghadapi persaingan dari Turki, walaupun terdapat lebih dari 200 judul yang ditayangkan tidak banyak yang bertahan menjadi sepuluh program serial teratas.

“Serial lokal saat ini menghadapi pesaing dari Turki. Walaupun ada lebih dari 200 judul, tidak banyak yang bisa bertahan di posisi 10 teratas,” kata Ardiansyah, seperti diberitakan Sabtu (31/10).

Dirinya menambahkan bahwa serial dari Turki yang jumlahnya jauh lebih sedikit dan sebagian besar ditayangkan bukan di waktu tayang prime time ternyata mampu merebut hati penonton.

“Hal ini menunjukkan bahwa penonton masih menyukai genre program serial, namun pada saat yang sama juga menginginkan sesuatu yang baru dan segar, dan kehadiran serial dari Turki dapat menjawab keinginan itu,” lanjutnya.

Meski sebagian besar penonton program serial adalah perempuan, ada sedikit perbedaan pada profil penonton serial Turki.

Penonton serial India rata-rata adalah perempuan dari kelompok usia 5-14 tahun dan 30 tahun ke atas dari kelas sosial menengah ke bawah, sedangkan serial Turki banyak ditonton oleh perempuan dengan usia rata-rata 30 tahun dari kelas sosial menengah. (mer/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda






  • Terkini