Rieke D Pitaloka: Dana Gedung Baru DPR Untuk Jamsosnas

SURABAYA – Ratusan buruh dari Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) berunjuk rasa di depan gedung negara Grahadi di jalan Gubernur Soerjo, Surabaya. Mereka mendesak pemerintah segera mengesahkan rancangan Undang-undang (RUU) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Perwakilan pengunjuk rasa Pudjiarto mengatakan, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) mustahil dijalankan bila pemerintah tidak segera mengesahkan RUU BPJS.

“Jika Undang-undang 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasonal dijalankan, seluruh rakyat Indonesia apapun profesinya akan menerima lima jaminan tanpa diskriminasi dan limitansi.” seru Pudjiarto, Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Kelima jaminan sosial nasional itu, lanjut Pudjiarto berupa jaminan kesehatan, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Selain berunjuk rasa, para buruh juga menggelar Mimbar Rakyat di rumah makan Taman Sari Indah, di jalan Taman Apsari, Surabaya.

Anggota DPR RI dari Komisi IX, Rieke Diah Pitaloka, yang ikut hadir dalam aksi ini menyerukan seluruh buruh bersatu untuk ikut memperjuangkan hak-hak yang telah diatur dalam Undang-undang.

“Mari bersama-sama dengan parlemen yang memperjuangkan ini, menggoalkan RUU BPJS menjadi UU. Kalau kami di DPR mentok, buruh harus berjuang dengan cara mogok nasional.” tegas Rieke Diah Pitaloka, anggota Pansus RUU BPJS dari FPDIP.

“Kami mendesak pada pimpinan DPR untuk bersikap tegas terhadap terhentinya pembahasan RUU BPJS. Juga kepada pemerintahan SBY untuk melanjutkan pembahasan RUU BPJS.” tambah pemeran Oneng pada serial drama di televisi.

Rieke Diah Pitaloka juga menyoroti perihal kengototan sebagian anggota DPR yang tetap ingin membangun gedung baru DPR sebesar Rp1.3 triliun, tanpa memperhatikan aspirasi dan kebutuhan rakyat yang lebih mendesak, seperti Sistem Jaminan Sosial Nasional.

“Kalau dibilang tidak ada dana untuk jaminan sosial nasional, itu tidak mungkin karena semua sudah jelas. Kalau masih kurang bisa diambil di anggaran untuk gedung baru dewan.” tegas Riekeyang disambut dukungan dari para buruh. (PetrusR/Nas).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rieke D Pitaloka: Dana Gedung Baru DPR Untuk Jamsosnas"