Ribuan Demo Antinuklir di Prancis dan Jerman

Tidak ada komentar 7 views

Ribuan orang di Prancis dan Jerman melakukan aksi unjuk rasa menuntut penghentian penggunaan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Mereka mengadakan pawai unjuk rasa di dekat beberapa jembatan yang melintang di atas Sungai Rhine yang menghubungkan Prancis dengan Jerman.

Aksi unjuk rasa juga diadakan di sejumlah PLTN milik Jerman.

Aksi demonstrasi itu dilakukan sehari sebelum peringatan 25 tahun bencana nuklir Chernobyl di Ukraina.

Jepang saat ini sedang berjuang menahan radiasi di PLTN Fukushima yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami 11 Maret lalu.

Salah satu aksi unjuk rasa besar di Eropa dilakukan dekat jembatan Pont de l’Europe yang menghubungkan Prancis dan Jerman menyeberangi Sungai Rheine.

Jepang masih berjuang menahan dampak radiasi PLTN Fukushima akibat gempa dan tsunami

Orang-orang melambai-lambaikan spanduk berisi slogan antinulklir dan berteriak: “Chernobyl, Fukushima, jangan lagi””

Ditengah suara sirine yang mereka bunyikan, para pengunjuk rasa melempar bunga ke Sungai Rhine dan kemudian mereka serentak berbaring di aspal jembatan sebagai simbol “mati bersama”.

Para pengunjuk rasa juga menuntut penutupan PLTN tertua di Prancis di Fessenheim.

Ribuan orang lain mengadakan demonstrasi di sejumlah PLTN Jerman, termasuk Biblis, Grohnde dan Grafenrheinfeld.

“Setelah kejadian di Fukushima sekarang cukup jelas bahwa ancaman bahaya nuklir sangat nyata,” kata Erhard Renz, salah satu penyelenggara demonstrasi di Biblis.

“Kita tidak bisa membolehkan kebutuhan bisnis segelintir orang menghancurkan dunia kita, seperti yang terjadi 25 tahun lalu,” katanya kepada televisi Jerman Deutsche Welle.

Pada tanggal 26 April 1986 PLTN di Chernobyl yang saat itu merupakan bagian dari Uni Soviet meledak dan menyebabkan kecelakaan nuklir terburuk.

Sedikitnya 30 orang meninggal akibat ledakan itu dan banyak orang lainnya meninggal bertahun-tahun kemudian karena berbagai macam penyakit akibat radiasi, seperti kanker. (bbc/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ribuan Demo Antinuklir di Prancis dan Jerman"