Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Resmi Bermarga Siregar, Ini Hak dan Kewajiban Kahiyang Ayu

22 Nov 2017 // 13:26 // HEADLINE, NASIONAL, PERISTIWA

kahiyang-ayu-saat-acara-penabalan-marga_20171122_074707

MEDAN (suarakawan.com) – Kahiyang Ayu resmi menjadi boru Siregar setelah menjalani serangkaian prosesi pemberian marga sesuai dengan adat Tapanuli Selatan. Darmin Nasution, mewakili pihak keluarga Bobby Nasution, menyatakan acara berjalan baik.

“Acara berjalan dengan baik. Kahiyang mulai tadi itu marganya Siregar, sama dengan ibunya Bobby,” kata Darmin, Selasa (21/11).

Menteri Koordinator Perekomian ini menyebutkan, prosesi adat dimulai sekira pukul 10.00 WIB ditandai dengan kedatangan Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution beserta keluarga besar. Prosesi berlangsung di kediaman Doli Sinomba Siregar, saudara kandung ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, di Jalan STM/Sukatangkas, Medan, Sumatera Utara.

Kahiyang dan Bobby kemudian masuk ke lokasi acara sambil bergandengan tangan dan disambut meriah dengan rentakan gondang serta lemparan sejumlah beras kuning oleh para sanak keluarga.

Sebelum duduk, keduanya menyalami dan memberi hormat kepada para tetua adat yang hadir. Selama prosesi adat berlangsung, Kahiyang dan Bobby terlihat selalu tersenyum seraya menghayati setiap prosesi dan nasihat yang diberikan para tetua adat kepada keduanya.

Pemakaian kain ulos dan pemberian sertifikat menjadi tanda resmi bertambahnya nama Kahiyang Ayu menjadi Kahiyang Ayu Siregar.

Selain ucapan selamat, Kahiyang dan Bobby juga diberikan nasihat dari para tetua adat Tapanuli Selatan. Salah satunya adalah terkait hak dan kewajiban yang diterima Kahiyang usai menjadi boru Siregar.

“Ada hak, ada kewajiban. Hak dia adalah memiliki kedudukan yang jelas dalam peradatan di Mandailing atau Tapanuli Selatan. Kewajibannya juga ada,” kata Darmin.(lp6/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini