Resiko Kebocoran Radiasi Jepang Mulai Turun

TOKYO – Pemerintah Jepang menyatakan resiko kebocoran besar materi radioaktif dari pembangkit nuklir yang mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami kini mulai menurun.

“Kemungkinan kondisi kebocoran radioaktif dalam skala besar kini mulai menurun. Bagaimanapun kami percaya resiko kebocoran kini semakin menurun dibandingkan satu atau dua minggu setelah gampa,” kata Juru bicara pemerintahan Yukio Edano kepada wartawan.

Gempa yang diikuti dengan tsunami pada 11 Maret lalu mengakibatkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiici menjadi tidak stabil dan mengalami kegagalan pendinginan sehingga mengakibatkan kebocoran radiasi dalam skala kecil.

Pemerintah percaya zona aman saat ini dalam radius 20 kilometer mencukupi untuk tetap melindungi warga dekat PLTN terhadap kemungkinan adanya peningkatan radiasi.

Sementara itu, Kantor Berita Yonhap, Senin (11/4) melaporkan sejumlah pakar nuklir dari Korea Selatan dan Jepang dijadwalkan bertemu, Selasa (12/4) besok, di tengah meningkatnya kewaspadaan terhadap ancaman kebocoran radiasi dari PLTN Fukushima Daiichi, yang rusak.

Kedua belah pihak akan membicarakan pengelolaan keamanan nuklir, serta memantau keamanan radiasi dan makanan. Demikiankata Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korsel, Shin Maeng Ho, yang dikutip Yonhap. (bbc/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *