Rawan Bencana, 9 Daerah di Jatim Belum Membentuk BPBD

SURABAYA (suarakawan.com) – Tingkat kerawanan bencana alam di Provinsi Jawa Timur cukup tinggi. Ironisnya, di provinsi ini masih banyak kabupaten dan kota yang belum memiliki instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Berdasar data di BPBD Jatim, sedikitnya ada 9 kab/kota yang belum membentuk BPBD. Sembilan daerah itu, kabupaten Magetan, Jember, Tuban, Mojokerto, kota Surabaya, Mojokerto dan Malang. Dari sembilan daerah ini, kab Magetan dan Kediri sudah masuk dalam pembahasan DPRD kab setempat.

Selain itu, kota Mojokerto sudah konsultasi pembentukan BPBD dengan BPBD Jatim. “Jadi, praktis enam kab/kota yang belum membentuk BPBD. Kita harapkan tahun 2012 ini, seluruh kab/kota di Jatim sudah terbentuk BPBD,” kata Kepala Pelaksana DBPD Jatim, Sudarmawan di kantor BPDB Jatim, Jumat (02/03).

Belum terbentuknya BPBD di 9 daerah itu, menurutnya, karena masih sedikitnya pemahaman yang tak komprehensif terhadap bencana alam dari aparat Pemkab/Pemkot itu. Padahal, bencana alam itu cukup luas. Tidak hanya gunung meletus, banjir dan tanah longsor saja. Tapi, juga ada bencana sosial.

“Pak Gubernur Jatim, Soekarwo sejak awal sudah memerintahkan agar seluruh kab/kota di Jatim membentuk BPBD. Jangan menunggu bencana alam itu datang. Seharusnya, bupati dan walikota mau memperjuangkan ke DPRD, agar segera dibentuk BPBD. Sebab, pembentukan BPBD terkait juga dengan anggaran,” jelasnya.

Terkait dengan anggaran bencana alam, Sudarmawan mengakui cukup minim. Anggaran bencana alam untuk provinsi Jatim hanya sebesar Rp 12 miliar. Sudah tentu dengan anggaran sebesar itu, pihaknya akan bekerja secara efektif. Anggaran akan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

“Khan, jika ada bencana alam di daerah, tidak semua anggaran yang dibutuhkan ditangani BPBD Jatim. Pemkab/kota juga turut membantu. Bantuan serupa juga diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), karena BNPB memiliki anggaran yang cukup besar,” tuturnya. (Bng/jto)

Keterangan foto: Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Sudarmawan. (Bng)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rawan Bencana, 9 Daerah di Jatim Belum Membentuk BPBD"