Ratusan Buruh Gelar Aksi Tolak Outsourcing

Tidak ada komentar 5 views

SURABAYA (suarakawan.com)– Sebanyak 500 massa memadati halaman depan Grahadi Surabaya untuk menuntut dihapuskannya sistem outsourcing. Mereka merupakan Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jatim yang terdiri dari Sidoarjo, Gresik, Pasuruhan, Mojokerto dan Surabaya. Mereka menggelar aksi sebagai runtutan memperingati Mayday 2012 yang sebagai puncaknya pada tanggal 1 Mei 2012.

“Kami membawa lima kasus pelanggaran outsourcing yang dilaporkan maupun temuan dari ABM Jatim kepada pemerintah jatim, kami akan menunggu selama 1×24 jam untuk ada action langsung dari mereka,” kata Jamaludin, koordinator aksi, Senin (20/02).

Menurut Jamaludin praktek outsourcing di Jawa Timur sudah sedemikian menjamur, dan Sidoarjo menjadi kabupaten yang paling kronis. Menurut Data Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jatim dan LBH Surabaya menyangkut pelanggaran THR 2011 di Jatim 91,8% yang menjadi korban adalah buruh outsourcing.

“Kami menuntut dihapuskannya sistem outsourcing dan pembubaran PPJB yang ilegal,” tambah Jamaludin.

Selain itu mereka mendukung sepenuhnya keputusan MK yang menyatakan sistem outsourcing inkonstitusional, serta menyerukan kepada seluruh rakyat pekerja dan seluruh serikat buruh/pekerja utnuk bersatu mengahpus outsourcing dan melawan mafia/sindikat outsourcing.

Jika tuntutan mereka tak kunjung direspon oleh pihak pemerintah, maka mereka berjanji bahwa akan membawa massa yang lebih banyak lagi sejumlah 10.000 buruh saat perayaan 1 Mei mendatang. (din/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ratusan Buruh Gelar Aksi Tolak Outsourcing"