Radio Yang Dijadikan Patokan Waktu Sholat Masjid Se-Jatim

Radio Yasmara

SURABAYA (suarakawan.com) – Radio Yasmara yang berada di Masjid Rahmat Kembang Kuning dengan siaran yang terpancar dari Gelombang AM dan direlay hampir seluruh masjid dan musholla di Jawa Timur ini patut di banggakan karena warga Surabaya karena menjadi patokan penentu waktu sholat

Bait ‘Syi’ir Tanpo Waton’ yang dibawakan oleh Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dengan suara khasnya, mantan Presiden RI ke IV ini mengumandangkan syi’ir yang sarat  dengan nilai-nilai luhur juga di putar di radio yasmara

“Radio Yasmara ini dijadikan patokkan masuknya waktu sholat. Terutama ketika bulan Ramadhan untuk menentukan waktu Maghrib,” kata Mansur, salah satu pengurus Radio Yasmara kepada suarakawan. com, Minggu (07/08).

Radio Yasmara sendiri didirikan oleh seorang tokoh yang bernama KH Abdul Hamid Hasbulloh atau yang dikenal dengan KH Hamid Has pada tahun 1967. Pada waktu itu, radio ini hanya untuk komunitas muslim. Namun, setelah beberapa tahun berjalan ternyata Radio tersebut semakin banyak pendengarnya.

“Kami memang menggunakan gelombang AM karena jangkauannya lebih luas,” kata Mansur seraya menyebut Radio Yasmara beroprasi di 11.52 AM.

Hingga akhirnya pada tahun 1970, radio ini resmi menjadi anggota Perhimpunan Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia (PPRSNI). Sejak saat itu, Radio ini menjadi patokkan waktu sholat yang direllay hampir seluruh masjid dan musholla di Jawa Timur.

Di tengah munculnya radio-radio lain tak membuat radio ini harus tumbang ditelan zaman. Meski boleh dikatakan kembang kempis namun Radio Yasmara tetap eksis.

“Di radio ini adalah perjuangan. Dan para pengurus radio ini berusaha sekuat tenaga hingga radio ini tetap eksis,” kata pria yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Surabaya ini.

Nah, untuk Syi’ir Tanpo Waton yang dibawakan oleh Gus Dur ini, sering diputar di Radio Yasmara setiap akan manjing waktu sholat. Terutama bulan Ramadhan ini, selain ada program Tadarus, setiap menjelang Adzan Magrib, radio ini selalu memutar Syi’irnya Gus Dur.”Ya memang syiir itu sarat dengan pitutur ulama. Terlebih lagi Gus Dur membawakannya khas dengan suara NU banget,” terangnya. (aca)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Radio Yang Dijadikan Patokan Waktu Sholat Masjid Se-Jatim"