Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Qatar Tolak 13 Tuntutan Negara-negara Arab

02 Jul 2017 // 12:14 // HEADLINE, INTERNASIONAL, PERISTIWA

170605_atm_qatar_16x9_992

DOHA (suarakawan.com) – Qatar yang kini dituntut 13 tuntutan oleh negara-negara Arab yang memutus hubungan diplomatik dengan negaranya diberi tenggat waktu sampai Senin (3/7) waktu setempat. Namun Qatar menyatakan menolak untuk memenuhi tenggat waktu tersebut untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Dalam sebuah kunjungan ke Roma, Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani kembali menolak tuntutan tersebut. Ia menyebut tuntutan tersebut adalah pelanggaran terhadap kedaulatan Qatar.

Ia mengatakan bahwa setiap negara bebas untuk mengemukakan keuhan dengan Qatar, jika mereka memiliki bukti Namun menurut dia konflik semacam itu harus diselesaikan melalui melalui negosiasi, bukan dengan memaksakan ultimatum.

“Kami percaya bahwa dunia diatur oleh undang-undang internasional, yang tidak memungkinkan pengara-negara besar menggertak negara-negara kecil,” katanya dalam sebuah konferensi pers di Italia.

“Tidak ada yang punya hak untuk mengajukan sebauh ultimatum kepada negara berdaulat,” ujarnya.

Selain menolak tuntutan tersebut, Al Thani juga mengatakan bahwa negaranya tidak pernah memiliki niat untuk menerima tuntutan mereka.

“Tidak ada ketakutan dari tindakan apapun yang akan diambil, Qatar siap menghadapi konsekuensi apapun. Tapi seperti yang telah saya sebutkan, ada hukum internasional yang tidak boleh dilanggar dan ada batas yang tidak boleh dilanggar,” ujarnya.

Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada bulan lalu dan menutup jalur darat, laut dan udara. Mereka mengeluarkan 13 butir tuntutan, termasuk membatasi hubungan diplomatik dengan Iran, memutuskan hubungan dengan Ikhwanul Muslimin dan menutup jaringan berita Aljazirah.

Mereka menuduh Qatar mendukung kelompok teror regional, di mana tuduhan tersebut ditolak oleh Qatar. Sementara di Roma, Al Thani bertemu dengan Menteri Luar Negeri Italia Angelino Alfano, yang mendukung upaya mediasi yang dipimpin Kuwait. Dan juga mendesak negara-negara yang terlibat dalam kebuntuan untuk menjauhkan diri dari tindakan lebih lanjut yang dapat memperburuk situasi.

Al Thani juga berharap perusahaan di Italia dapat terus mengkonsolidasikan kehadiran mereka di Qatar. (rol/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini