Puluhan Polwan Membatik

Tidak ada komentar 23 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Ada 40 Polwan berseragam polisi dari Polrestabes Surabaya, berunjuk kebolehan di Taman Bungkul Jalan Raya Darmo. Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, mereka mendemonstrasikan cara membatik kain.

Dengan canting di tangan, mereka menuangkan tinta di atas kain putih. Motif yang digambarpun beraneka ragam. Mulai dari motif bunga, kupu-kupu, burung serta motif lain.

“Ini kita lakukan dalam rangka Hari Batik Nasional. Polwan kan juga bagian dari masyarakat, jadi juga punya kewajiban sama untuk menjaga dan melestarikan batik,” kata Kasub Bagian Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Suparti di Taman Bungkul, Senin (01/10).

Kompol Suparti menjelaskan, bahwa kegiatan ini juga menunjukkan bahwa Polwan juga seorang perempuan yang memiliki kelembutan. “Perempuan harus bisa lembut, meski dalam tugas. Kedua jiwa itu bisa kita lihat dari cara melukisnya di atas kain dalam membatik,” ujarnya

Sementara seniman batik dari Sanggar Batik Gemati Surabaya, Leo menyebut kegiatan membatik seperti ini, telah dilakukan selama empat kali, setiap tahunnya sejak tahun 2009.

“Untuk polwan memang baru kali ini. Sebelumnya pernah dilakukan elemen masyarakat lainnya termasuk, yang di tahun 2010 lalu, yang diikuti oleh pekerja media,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota Polwan yang ikut unjuk kebolehan membatik, mengaku senang bisa turut serta meramaikan acara membatik yang digelar di Taman Bungkul.

“Ya saya juga kan ingin ikut melestarikan warisan nenek moyang bangsa kita, salah satunya ya membatik ini,” katanya malu-malu sembari menunjukkan hasil karyanya. (Bs/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Puluhan Polwan Membatik"