Puasa Tanpa Gangguan Pencernaan

Tidak ada komentar 17 views

penderita maag (ilustrasi)

SURABAYA (suarakawan.com) – Didalam menjalankan puasa, keluhan yang paling sering terdengar saat puasa adalah gangguan berupa maag dan heartburn (rasa panas di ulu hati, red) yang kadang disertai dengan rasa kaku atau keram pada otot perut.

Biasanya muncul apabila saat perut penuh, tubuh tidak beraktivitas kembali. Misalnya jika Anda langsung tidur setelah makan sahur.

Sebetulnya, kedua keluhan ini tidak perlu terjadi, selama Anda tahu bagaimana menyikapi pola kerja saluran pencernaan anda.

Berikut tips-tips puasa tanpa gangguan pencernaan :

1.Minum obat maag, terutama bagi anda yang memang memiliki penyakit maag, adalah hal yang tidak boleh terlupakan. Obat maag dapat diminum saat berbuka dan sahur.

2.Saat berbuka, batalkan puasa dengan segelas air atau minuman manis – usahakan tidak minum minuman yang bersuhu dingin atau terlalu panas – lalu. Tunggu sekitar sepuluh atau lima belas menit, lalu santaplah hidangan pembuka yang ringan atau segelas susu.

3. Sebaiknya tidak langsung menyantap makanan utama segera setelah berbuka, karena saat kosong dalam waktu yang lama, otot-otot lambung tidak ‘siap’ menerima volume makanan dalam ukuran besar. Sebetulnya dengan menyantap hidangan pembuka yang ringan seperti semangkuk kecil kolak hangat, atau segelas susu, sudah cukup memberi energi sampai satu jam ke depan. Karena itu tak ada salahnya anda shalat tarawih dahulu sebelum menyantap makanan utama. Selain itu jika Anda tarawih dalam keadaan perut penuh, Anda akan merasa sebah atau mual karena lambung belum siap mencerna dan mendorong makanan ke usus.

4.Apabila Anda memang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat merangsang ekskresi asam lambung, seperti makan makanan yang bercita rasa asam, atau minum kopi dan teh terutama pada saat sahur.

Pada hari pertama dan kedua, mungkin gangguan pencernaan masih terbilang wajar karena perut dalam keadaan ‘kaget’. Namun jika berlangsung terus menerus, tentunya ada yang salah dengan pola makan Anda. Sebaiknya perhatikan kembali pola makan anda.(Jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Puasa Tanpa Gangguan Pencernaan"