PT KAI Akan Tambah Kereta Barang

Tidak ada komentar 9 views

Humas KAI Daops 8 Sri Winarto

SURABAYA(suarakawan.com)-Tahun ini PT Kereta Api Indonesia Daerah Oprasinal 8 Surabaya menargetkan bisa menjalankan Kerata Api Barang keberangkatan Kalimas Surabaya dalam jumlah 1000 teus perhari.

Sebab, menurut Kepala Humas Daop 8 Surabaya, Sri Winarto, sampai pertengahan Mei 2011 ini PT Kereta Api hanya mampu menampung sekitar 700 teus per hari. Hal ini disebabkan adanya kurangnya sarana dan parasana PT Kereta Api.

Padahal, jumlah angkutan barang yang masuk di kereta api sendiri, per hari bisa mencapai lebih dari 1000 bok, sehingga PT Kereta api terpaksa sering menolak permintaan angkutan barang. Oleh sebab itu, pada tahun ini juga PT Kereta api akan menambah jumlah kereta api angkut barang sekaligus menambah lokomotif.

Saat ini memang jika dibandingkan dengan kereta api penumpang masih lebih banyak dari pada kereta api barang dengan perbandingan 70 banding 30. Namun, pada tahun ini juga, jumlah kereta api barang akan diperbanyak melebihi jumlah kereta api penumpang dengan perbandingan 60 persen Kerata Api Barang, dan 30 persen kereta api penumpang.

“Namun dalam hal ini buka berarti mengurangi jatah kereta api penumpang. Tetapi penambahan kereta api barang.” terang Sri Winarto.

Selain menambahkan loko dan rangkaian, PT KAI juga akan membuat jalur double track. Sebab saat ini masih menggunakan 1 jalur saja. Maka dari itu dengan penggunaan doble track, dipastikan akan memperlancar perjalanan kereta api barang

Diketahui sejauh ini setiap hari, hanya ada dua kali perjalanan angkutan barang, dengan menggunakan 15 rangkaian setiap kali perjalanan. Dan saat ini sudah ada penambahan dan setiap harinya akan ada 4 kali perjalanan Surabaya-Jakarta dan Semarang.(bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PT KAI Akan Tambah Kereta Barang"